Penerapan PHBK TK Binaan YABN Di Habau Jadi Daya Tarik

by tabalong hari ini
0 comment

Sebanyak 3 PAUD imbas dan 1 PAUD inti binaan YABN yang berada di Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah, melakukan studi banding ke TK Harapan Masa Habau, di Desa Habau Kecamatan Banua Lawas, pada 1 November 2022. Studi ini untuk mempelajari sistem pendidikan holistik berbasis karakter atau PHBK, yang diterapkan TK Harapan Masa Habau.

TK Harapan Masa Habau, sendiri telah menjadi TK inti dari binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri. Sekolah PAUD ini sudah konsisten menerapkan PHBK di sistem pembelajaran nya. Sekolah ini bahkan sudah mengimbaskan penerapan PHBK ke 5 sekolah dan lembaga yang ada di sekitarnya.

Kepala TK Harapan Masa Habau, Masriani menyambut positif adanya kunjungan ke sekolahnya. Pada kesempatan ini para guru yang datang dikenalkan dengan pengimplementasian PHBK, yang diterapkan sejak para murid datang ke sekolah hingga pulang kembali ke rumah. Serta saling berdiskusi terkait pentingnya kerjasama antar para guru, serta konsistensi penerapan PHBK yang terus terjaga dengan baik.

“Yang pertama itu yang dikenalkan dengan pembelajaran nya apalagi kan pada waktu penyambutan anak sampai masuk kelas, berdoa, kegiatan jurnal, pilar, istirahat. Ada juga disitu kegiatan sentra, literasi, penutup dan doa,” tuturnya.

Melihat penerapan PHBK yang sudah berhasil di terapkan di TK Harapan Masa Habau, Comunity Development Adaro Minerals Indonesia Kabupaten Murung Raya Gesta Lionanda mengaku tertarik dan berniat mengadopsi penerapan PHBK seperti yang ada di TK Harapan Masa Habau.

“Yah yang pertama saya merasa bahwa budaya yang ada di kami sana di Kalteng itu sangat jauh berbeda dengan apa yang saya lihat di Kalimantan Selatan. Baik itu dari pola asuh kedua orang tua, kemudian bagaimana guru me treatment anaknya, sehingga itu hal yang menarik bagi kami, dimana saat anak datang guru itu menyambut dengan emosi yang sangat positif, dikasih pelukan, ditanya bagaimana keadaan nya di rumah dan itu sangat membuat “wah ternyata di sekolah ini seperti ini loh” dan kami sangat tertarik sekali mengadopsi nya disana,” katanya.

Gesta pun berharap, para guru yang telah melakukan studi banding, mendapatkan wawasan seluas-luasnya saat berkunjung. Serta mampu mengadopsi penerapan PHBK yang lebih intensif lagi di sekolahnya masing-masing.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment