Home Editor's Picks Dukung Pengembangan Kambing, Disbunnak Sediakan Ribuan Tanaman Indigofera

Dukung Pengembangan Kambing, Disbunnak Sediakan Ribuan Tanaman Indigofera

by tabalong hari ini
0 comment

Sebagai upaya mendukung pengembangbiakan ternak kambing di Kabupaten Tabalong, pada tahun 2023 Disbunnak Tabalong akan memberikan bantuan belasan ribu tanaman Indigofera untuk pakan ternak kambing.

Total sebanyak 16 ribu batang tanaman Indigofera akan diserahkan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong pada triwulan kedua tahun 2023 untuk 2 wilayah di Tabalong.

Sebanyak 12.800 batang Indigofera akan ditanam di lahan seluas 4 hektar di Kecamatan Muara Uya, sedangkan 3.200 batang Indigofera akan ditanam di lahan seluas 1 hektar di Kecamatan Tanta.

Saat ditemui di ruang kerjanya pada Rabu, 17 Mei 2023, Kepala Disbunnak Tabalong, Soleh, menjelaskan bahwa bantuan pakan ternak ini ditujukan sebagai pelengkap dan pendukung dari adanya bantuan ternak kambing.

Melalui bantuan ini, Soleh berharap para petani lebih termotivasi untuk mengembangbiakkan kambing sehingga ke depan Tabalong memiliki sentra ternak kambing.

“Jadi ini supaya petani-petani kita ini semangat untuk beternak kambing, sekarang kan kebutuhan kambing sangat tinggi. Jadi kebutuhan daging kita tinggi, apalagi menjelang kurban ini sangat dicari-cari oleh masyarakat yang membutuhkan untuk berkurban. Kita akan membentuk sentra-sentra di mana sebuah desa atau kampung itu paling tidak satu kampung itu memelihara kambing semuaan. Jadi kalau ada keperluan-keperluan banyak itu, kita lebih mudah mencarinya bukan terpencar-pencar, karena susah untuk mencari populasi,” ujar Soleh, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Tenaga Kontrak Dihapus, BKPSDM Tabalong Upayakan Peralihan Status

Soleh menambahkan bahwa setelah memberikan bantuan pakan ternak, Disbunnak Tabalong juga akan menyerahkan bantuan sebanyak 99 ekor kambing jantan dan juga betina kepada para petani.

Dengan bantuan yang diberikan secara lengkap tersebut, diharapkan populasi ternak kambing sekaligus kebutuhan daging kambing di Tabalong dapat terpenuhi dengan baik.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment