Home Tabalong Hari Ini Cabang Olahraga Balogo Ramaikan POR KORPRI Kemenag se-Kalsel

Cabang Olahraga Balogo Ramaikan POR KORPRI Kemenag se-Kalsel

by Muhammad Rais
0 comment

Perhelatan Pekan Olahraga Korps Pegawai Republik Indonesia (POR KORPRI) Kementerian Agama (Kemenag) se-Kalimantan Selatan turut di meriahkan salah satu olahraga tradisional khas Kalimantan, yaitu balogo. Cabang balogo tercatat melibatkan puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag dari 13 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan.

Masing-masing tim beradu untuk mendapatkan poin tertinggi dalam cabang olahraga balogo yang dilaksanakan pada Jumat, 15 September 2023, di Pasanggrahan Umaiyyah Palogoan Tabalong.

Cabang olahraga balogo tercatat melibatkan 26 tim, terdiri dari 12 tim balogoan putri dan 14 tim balogoan putra, dengan masing-masing tim berjumlah 3 orang.

Seorang guru di lingkungan Kemenag HSS, Siti Raudah, yang juga peraih juara pertama kategori putri, sangat menyambut baik adanya cabang olahraga balogo dalam rangka Pekan Olahraga KORPRI Kemenag se-Kalsel. Dirinya menilai melalui cabang lomba balogo ini, mereka dapat mengekspresikan diri dalam bidang balogo dan sekaligus melestarikan seni dan budaya yang ada di Kalimantan Selatan.

“Dalam ajang ini, kami merasa sangat bersyukur, karena dalam ajang ini kami bisa mengekspresikan diri dalam bidang balogo dan sekaligus juga melestarikan seni dan budaya yang ada di Kalimantan Selatan,” ujar Siti Raudah, guru (Kemenag HSS).

Sementara itu, salah satu pengurus Pasanggrahan Umaiyyah Palogoan Tabalong, Eduwar, mengaku siap mendukung instansi yang ingin mengadakan perlombaan balogo. Selain memiliki fasilitas yang memadai, Pasanggrahan Umaiyyah juga memiliki puluhan anggota yang siap menjadi panitia pelaksana event balogo.

Baca Juga  Komisi II DPRD Tabalong Tanggapi Pengembangan Pasar Agribisnis

“Kami dari Pasanggrahan Umaiyyah, insyaAllah selalu support dari mana saja instansi ataupun yang lainnya yang ingin mengadakan kompetisi di Pasanggrahan Umaiyyah ini, khususnya kegiatan balogo karena sangat mendukung untuk melestarikan budaya ini,” kata Eduwar, pengurus Pasanggrahan Umaiyyah Palogoan Tabalong.

Pekan Olahraga KORPRI Kemenag se-Kalsel cabang balogo putri dimenangkan oleh HSS untuk juara pertama, HST juara kedua, dan Kota Baru juara ketiga. Sedangkan kategori putra dimenangkan oleh HST juara pertama, Batola juara kedua, dan Banjar Baru juara ketiga.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment