Home Tabalong Hari Ini Cegah Unggas Terpapar Penyakit

Cegah Unggas Terpapar Penyakit

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong mengimbau masyarakat untuk memasukkan ayam ke dalam kandang dan memberi makanan sehat. Ini dilakukan agar ayam terhindar dari serangan penyakit yang rentan saat musim penghujan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong, drh. Suwandi, saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin, 8 Januari 2024.

Suwandi meminta masyarakat agar unggas, baik ayam maupun itik, yang berkeliaran bebas ditangkap dan dikurung di dalam kandang, lalu diberikan makanan yang baik. Pasalnya, unggas yang dibiarkan berkeliaran bebas lebih rentan terserang penyakit, khususnya saat musim penghujan.

Terlebih saat ini, menurutnya, telah ditemukan kematian mendadak ratusan unggas milik masyarakat di Desa Kapar, Kecamatan Murung Pudak, yang diduga terserang Tetelo atau virus ND.

“Ayam-ayam ada di pohon itu untuk segera ditangkap, setelah ditangkap dikurung, habis itu dilakukan biosecurity yaitu dengan cara penyemprotan ayamnya, habis itu dikasih makan yang baik dari bahan yang baik, dikasih multivitamin, habis itu nanti kita terakhir kita ada lakukan vaksinasi.” ujar drh. Suwandi, Kabid Keswan & Kesmavet Disbunnak Tabalong.

Dokter hewan Suwandi mengimbau masyarakat untuk melaporkan apabila menemukan unggas yang mati secara mendadak ke Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong, agar bisa segera ditindaklanjuti.

Baca Juga  Dukcapil Pastikan Identitas Kependudukan Digital Aman

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment