Home Tabalong Hari Ini Ramadan, PMI Tabalong Jemput Bola Donor Darah ke Masjid

Ramadan, PMI Tabalong Jemput Bola Donor Darah ke Masjid

by Muhammad Rais
0 comment

Unit Pelayanan Donor Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Tabalong menggelar donor darah di masjid-masjid usai salat tarawih. Langkah ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan darah selama bulan Ramadan.

Petugas UDD PMI Tabalong rutin bergerak dari satu masjid ke masjid lainnya di wilayah Kota Tanjung untuk menarik relawan pendonor.

Di bulan Ramadan, PMI Tabalong sengaja jemput bola ke masjid-masjid untuk memenuhi kebutuhan darah. Belasan kantong darah pun berhasil dikumpulkan dalam setiap jemput bola.

Kepala Unit Pelayanan Donor Darah Palang Merah Indonesia atau UDD PMI Kabupaten Tabalong, dr. Kadafi, saat ditemui belum lama tadi menjelaskan layanan jemput bola donor darah tersebut dilakukan lantaran selama puasa jumlah pendonor di UDD PMI Tabalong menurun dari hari biasa.

“Jadi untuk mendonorkan darah selama bulan Ramadan ini, yang pertama kita harus banyak minum supaya cairan tubuh tercukupi dan kemudian sebelum diambil darah itu minimal 2 jam setelah makan,” kata dr. Kadafi, Kepala UDD PMI Tabalong.

Diketahui selama bulan Ramadan, pelayanan donor darah di UDD PMI Tabalong buka dari pukul 15.00 hingga 23.00. Sementara untuk pelayanan permintaan darah buka dari pukul 08.00 hingga pukul 23.00.

Selain itu, pihak PMI juga memberikan layanan permintaan darah yang bersifat urgent selama 24 jam, dengan sistem on-call.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment