Home Tabalong Hari Ini Jelang Lebaran, TPID Tabalong Pastikan Stok Bapokting Aman

Jelang Lebaran, TPID Tabalong Pastikan Stok Bapokting Aman

by Muhammad Rais
0 comment

Guna memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bapokting jelang Lebaran 1445 Hijriah, TPID Tabalong melakukan pemantauan ke pasar Tanjung dan distributor. Dari hasil pemantauan, stok bapokting dipastikan aman.

Tim Pengendali Inflasi Daerah TPID Tabalong melakukan pemantauan ketersediaan barang kebutuhan pokok dan barang penting, bapokting, selama satu minggu menjelang Lebaran, dan satu minggu setelah Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, pada Rabu, 3 April 2024.

Pemantauan bapokting dilakukan di pasar Tanjung, serta 2 distributor di wilayah Tanjung Tengah, dan Kelurahan Hikun.

Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, memastikan stok bapokting di Kabupaten Tabalong aman selama Lebaran tahun ini, khususnya untuk komoditi beras, telur, ayam ras, daging sapi, dan sayur. Harga beberapa komoditi tersebut fluktuatif, namun masih dalam tahap wajar.

“Stok aman, alhamdulillah. Tadi sayur juga lupa kita sampaikan, sayur aman karena cold storage pedagang ada di posisi Tanjung dan Banjarmasin. Jadi, satu kali pengiriman lagi sebelum Lebaran dan setelah Lebaran sudah ada jatah, berarti alhamdulillah kita posisi aman,” ujar Hamida Munawarah, PJ Bupati Tabalong.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Tabalong, Syamani, menambahkan stok beras dan sayuran mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Tabalong, lantaran petani lokal mulai melakukan panen.

Ketersediaan beras dan sayuran ini juga ditopang oleh penyaluran beras Bulog, serta distribusi sayur dari luar daerah.

Baca Juga  Antisipasi Dampak El Nino, 2.414 Lahan Sawah Disiapkan Tanam Bulan Oktober

“Ini sudah mulai panen di petani, jadi pertanaman akhir Desember dan Januari kemarin sudah mulai panen, dan terus akan bertambah jumlah panennya,” kata Syam’ani, Kepala DKUKMPP Tabalong.

Berdasarkan hasil pemantauan TPID Tabalong pada tanggal 3 April 2024, 3 komoditi mengalami kenaikan harga, yaitu minyak goreng curah dari 15 ribu rupiah menjadi 15 ribu 500 rupiah per liter, daging ayam ras dari 24 ribu 500 menjadi 25 ribu 500 rupiah per kilogram, dan bawang merah dari 32 ribu 500 menjadi 35 ribu rupiah per kilogram.

Sedangkan komoditi yang mengalami penurunan harga adalah telur ayam ras, yaitu dari 32 ribu 500 menjadi 32 ribu rupiah per kilogram.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment