5 Desa di Tabalong Jadi Prioritas Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh

by tabalong hari ini
0 comment

Untuk memaksimalkan rencana pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan permukiman kumuh yang ada di Kabupaten Tabalong. Disperkim Tabalong bersama dengan berbagai pihak, melaksanakan ekspose dokumen RP2KPKPK, Kamis 30 Desember 2022. Dengan perencanaan yang matang, diharapkan kawasan kumuh di Kabupaten Tabalong dapat Segera diatasi.

Pembenahan kawasan permukiman di Tabalong terus diupayakan pemerintah Kabupaten Tabalong. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya ekspose dokumen RP2KPKPK rencana pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan permukiman kumuh oleh Disperkim Tabalong .

Dokumen RP2KPKPK sendiri merupakan dokumen yang berisikan desain engineering detail, dan berbagai konsep pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan dan permukiman kumuh, yang sudah di design sesuai situasi kawasan permukiman yang menjadi target prioritas.

Dalam dokumen tersebut terdapat, 5 desa yang tersebar di 2 kecamatan wilayah selatan Tabalong menjadi target prioritas peningkatan kualitas perumahan dan permukiman kumuh Tahun 2023.

5 desa tersebut yaitu, deSa Habau dan Desa Habau Hulu Kecamatan Banua Lawas. Desa Masintan, Desa Ampukung dan Kelurahan Pulau Kecamatan Kelua.

Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman Disperkim Tabalong, Dody Arief menjelaskan. Dokumen RP2KPKPK akan dijadikan dasar pihaknya untuk mengusulkan bantuan anggaran ke provinsi maupun pusat, sehingga peningkatan kualitas permukiman di 5 desa yang jadi target prioritas dapat segera terealisasi.

“Hasil dari RP2KPKPK ini merupakan salah satu syarat mutlak untuk pengusulan kami ke APBD provinsi maupun pusat. Jadi nanti ada namanya Aplikasi Sisispkp itu aplikasi tentang pengusulan untuk peningkatan kualitas kawasan kumuh yang ada di kabupaten.” katanya.

Dody pun berharap, dengan adanya ekspose dokumen RP2KPKPK ini, berbagai revisi dan juga masukan dari berbagai pihak, dapat lebih meningkatkan kualitas perencanaan dalam upaya peningkatan dan pencegahan kualitas perumahan dan permukiman kumuh. Sehingga target zero kumuh di Kabupaten Tabalong dapat segera terselesaikan dengan cepat.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment