Home Tabalong Hari Ini JIKAMAKA Tabalong Buka 34 Program Pelatihan di Tahun 2024

JIKAMAKA Tabalong Buka 34 Program Pelatihan di Tahun 2024

by Muhammad Rais
0 comment

Lembaga Kursus dan Pelatihan Jikamaka Tanjung Tabalong akan membuka puluhan program pelatihan gratis untuk masyarakat di tahun 2024. Program pelatihan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan SDM yang mampu bersaing di dunia kerja maupun wirausaha.

LKP Jikamaka di tahun 2024 akan membuka 34 program pelatihan gratis untuk masyarakat Tabalong. Adapun program pelatihan yang dibuka seperti menjahit, tata rias, percetakan, desain grafis, mengemudi, maupun digital marketing.

Total sebanyak 1360 peserta ditargetkan mengikuti program pelatihan tersebut, dengan masing-masing program pelatihan diisi 40 peserta. Program pelatihan Jikamaka akan dibuka setiap bulannya.

Peserta akan mengikuti pelatihan selama satu bulan, dan akan dilanjutkan dengan program naik kelas.

Founder Lembaga Kursus dan Pelatihan Jikamaka Tanjung Tabalong, Awiek Hadi Widodo, saat ditemui di ruang kerjanya pada Jumat, 20 Januari 2024, mengatakan bahwa hadirnya program tersebut merupakan upaya Jikamaka untuk membina masyarakat agar menjadi lebih baik dan berkembang, sehingga dapat bersaing di dunia kerja maupun usaha.

“Dari sinilah akhirnya Jikamaka menjadi sebuah program yang mempunyai dampak positif kepada masyarakat, banyak yang diterima kerja bahkan dilamar pekerjaan, bukan melamar pekerjaan, dan banyak juga yang menciptakan lapangan kerja, bukan sibuk mencari kerja. Karena saya menekankan kepada impact atau hasil dengan membuka pola fikirnya terutama adalah attitude, sikap, sopan santun, etika, adab, itu yang paling penting.” ujar Awiek Hadi Widodo, Founder Jikamaka.

Baca Juga  Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Kelompok Tani Terima Ratusan Alsintan

Sementara itu, Koordinator Jikamaka yang juga merupakan alumni program Jikamaka, Nur Yudha Widya Putri, menuturkan bahwa berkat mengikuti pelatihan di Jikamaka, ia kini mampu mengembangkan skillnya hingga berhasil meraih prestasi di tingkat provinsi.

“Sebelum mengikuti Jikamaka, saya tidak pernah mempunyai skill apa-apa. Di Jikamaka ini, banyak banget pengalaman yang saya lalui, dan pada akhirnya, saya mempunyai skill. Itu banyak banget kemudahan dan peluang kesempatan yang telah diberikan kepada saya.” ujar Nur Yudha Widya Putri, Koordinator Jikamaka.

Diketahui bahwa Lembaga Kursus dan Pelatihan Jikamaka Tanjung Tabalong di tahun 2023 ini telah meluluskan sebanyak 1728 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 644 orang telah diterima bekerja di sejumlah perusahaan, dan 70 orang berhasil menjadi wirausaha baru yang terbagi menjadi 10 kelompok wirausaha.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment