Home Editor's Picks Tabalong Siapkan 4 Strategi untuk Menjadi Penyangga IKN

Tabalong Siapkan 4 Strategi untuk Menjadi Penyangga IKN

by tabalong hari ini
0 comment

Berbagai strategi dan upaya dalam menyambut ibu kota nusantara telah disiapkan oleh pemerintah Kabupaten Tabalong, terlebih Kabupaten Tabalong sebagai pintu gerbang atau serambi depan IKN dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Berbagai upaya dan strategi dalam menyongsong IKN di Kalimantan Timur disampaikan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani saat berkunjung ke Kantor Kompas.com di Jakarta pada Senin, 3 April 2023 lalu. Dalam program acara Nusaraya, Bupati Anang menyampaikan bahwa ada 4 strategi yang telah disiapkan pemerintah Tabalong dalam menyambut IKN.

Pertama, yaitu menggenjot sektor industri. Terlebih Kabupaten Tabalong telah membangun kawasan industri seluas 3.200 hektar di Desa Seradang, Kecamatan Haruai. Kawasan tersebut pun dicanangkan menjadi pusat industri menengah ke bawah yang mendukung IKN. Selain itu, Pemkab Tabalong juga memperbaiki infrastruktur guna mendukung mobilitas dan meningkatkan laju ekonomi.

Strategi kedua yaitu memperkuat daya saing usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), agar orang Tabalong tidak menjadi penonton. Para pelaku UMKM terus dibina dan diberikan pelatihan tenaga terampil, dan para pelaku UMKM juga diberikan skema kredit dengan bunga nol persen untuk permodalan.

Strategi ketiga, Pemkab Tabalong akan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Upaya ini diwujudkan dengan menciptakan pelayanan publik yang nyaman dan prima, salah satunya melalui pembangunan Mall Pelayanan Publik.

Dan strategi keempat yaitu menguatkan sektor pertanian, guna meningkatkan produktivitas komoditas pertanian dan tanaman pangan. Bupati Anang pun mendorong Kabupaten Tabalong agar menjadi pusat agribisnis dan perdagangan.

Baca Juga  Dispersip Dorong SKPD Pedomani Perbup Kearsipan

Selain itu, salah satu penyangga IKN yang menjadi daya tarik yaitu pariwisata berbasis desa. Untuk mendukung kelangsungan desa wisata, Pemkab Tabalong membina pelaku UMKM setempat melalui pengadaan pelatihan kerja.

(TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment