Home Tabalong Hari Ini Pelatihan P3K Basarnas Sasar Anggota UPBS di Tabalong

Pelatihan P3K Basarnas Sasar Anggota UPBS di Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Basarnas Kalimantan Selatan akhirnya menyikapi usulan pelatihan SAR yang diajukan Komisi III DPRD Tabalong belum lama tadi. Rencananya, pelatihan tersebut akan digelar akhir bulan Mei yang menyiapkan puluhan peserta.

Usulan yang disampaikan oleh Komisi 3 DPRD Tabalong kepada Basarnas Kalimantan Selatan akhirnya mendapat angin segar. Usulan agar digelarnya pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan di Tabalong bakal segera terealisasi.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan antara Komisi III DPRD Tabalong bersama Basarnas Tabalong pada Kamis, 2 Mei 2024, di ruang rapat Komisi DPRD Tabalong.

Kepala Unit Siaga SAR Tabalong, Maulana, menjelaskan pelatihan tersebut rencananya akan digelar selama seminggu, mulai dari 27 Mei hingga 2 Juni 2024 mendatang.

Pelatihan menyasar 50 peserta yang berasal dari TRC BPBD Tabalong, perwakilan beberapa UPBS, serta kelompok sadar wisata.

“Bentuk pelatihannya nanti ada materi kelas, kemudian praktik lapangan, dan juga ada ujian post tes, untuk mengetahui daya tangkap atau daya serap dari rekan-rekan yang mengikuti pelatihan, yang mana kita harapkan semua pesertanya kompeten dan qualified dalam melakukan pertolongan pertama,” ujar Maulana, Kepala Unit Siaga SAR Tabalong.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi 3 DPRD Tabalong, Ferry Elpeni, mengaku bersyukur dan mengapresiasi atas terakomodirnya usulan dari Komisi 3 DPRD Tabalong. Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan guna meningkatkan SDM yang berkualitas dan tanggap bencana.

Baca Juga  Cipta Menu Pangan B2SA Kader PKK Tabalong

“Jadi kami dari Komisi 3 DPRD Tabalong setelah mendengar bahwa usulan kami ke Basarnas Kalimantan Selatan itu bisa terakomodir atau bisa dilaksanakan di Tabalong, kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada tim Basarnas Kalimantan Selatan sehingga pelatihan potensi pertolongan pertama itu bisa dilaksanakan di Tabalong,” ujar Ferry Elpeni, Wakil Ketua Komisi III DPRD Tabalong.

Diketahui pelatihan ini digelar untuk pertama kalinya di Kabupaten Tabalong, rencananya juga akan mendatangkan pemateri langsung dari Basarnas Pusat maupun dari Basarnas Kalimantan Selatan.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment