Home Editor's Picks Disdukcapil Tabalong Validasi Data Pemilih Potensial

Disdukcapil Tabalong Validasi Data Pemilih Potensial

by tabalong hari ini
0 comment

Untuk mendukung dan melindungi hak warga dalam Pemilu tahun 2024 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tabalong terus melakukan validasi data pemilih potensial.

Validasi data pemilih potensial dilakukan Disdukcapil Tabalong pasca ditemukannya kurang lebih 50 persen data Nomor Induk Kependudukan atau NIK calon pemilih potensial yang tidak valid.

Menindaklanjuti data tersebut, pasca rapat pleno rekapitulasi hasil perbaikan Daftar Pemilih Sementara atau DPS pada 11 Mei 2023, Disdukcapil Tabalong langsung melakukan verifikasi data pemilih potensial yang tidak valid.

Kepala Disdukcapil Tabalong, Rowie Rawatianice, mengatakan bahwa jika tidak ditemukan kendala selama proses verifikasi, maka data pemilih potensial tersebut langsung diaktifkan.

“Nah, setelah mereka melakukan coklit di lapangan, kemudian juga mencocokan dengan data yang mereka miliki melalui Disdukcapil, jadi ada sekitar 50 persennya yang menurut mereka adalah pemilih potensial tetapi validasi NIK-nya tidak valid. Nah, itu juga butuh bantuan kami. Jadi kami, yang artinya ke pemilu juga penting, jadi kami lakukan, kawan-kawan sudah dapat datanya dari KPU, per desa malah itu. Jadi sedang dilakukan validasi. Jadi jika memang tidak ada kendala, akan langsung diaktifkan,” ujar Rowie Rawatianice, Kepala Disdukcapil Kabupaten Tabalong.

Rowie juga menambahkan bahwa untuk memenuhi hak pilih calon pemilih pemula, hingga saat ini pihaknya juga terus menggencarkan pelayanan pembuatan e-KTP dengan sistem jemput bola. Dari target pemilih pemula sebanyak 6.383 jiwa, sebanyak 1.015 jiwa atau sekitar 15 persen telah melakukan perekaman e-KTP.

Baca Juga  Bupati Anang : Rumah RJ Terobosan Sangat Bagus

Berdasarkan rekapitulasi hasil perbaikan Daftar Pemilih Sementara atau DPS dari 12 kecamatan, 131 desa dan kelurahan, 903 tempat pemungutan suara reguler, dan 2 TPS lokasi khusus, terdapat 186.483 jumlah pemilih aktif yang terdiri dari 93.203 pemilih perempuan dan 93.280 pemilih laki-laki. Jumlah tersebut berkurang 525 pemilih dari data awal hasil coklit sebanyak 187.008 pemilih.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment