Home Editor's Picks Bupati Anang Paparkan 3 Langkah Turunkan Kemiskinan Ekstrem

Bupati Anang Paparkan 3 Langkah Turunkan Kemiskinan Ekstrem

by tabalong hari ini
0 comment

Selain memaparkan tentang pengendalian stunting, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani juga memaparkan soal upaya penanganan kemiskinan ekstrem di Tabalong. Terdapat 3 langkah yang dilakukan Pemkab Tabalong untuk menurunkan angka miskin ekstrem.

Dalam pertemuan yang dikemas melalui kegiatan roadshow secara daring bersama Menko PMK Muhajir Effendi, pada Kamis 16 Februari 2023.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani memaparkan sejumlah upaya yang dilakukan Pemkab Tabalong dalam menangani kemiskinan ekstrem.

Meningkatkan pendapatan masyarakat melalui gerakan pembangunan menuju masyarakat sejahtera atau gerbang emas, dimana salah satunya dengan memberikan keterpaduan perencanaan diawal penyusunan rencana kerja pemerintah daerah.

Kemudian meminimalkan kantong-kantong kemiskinan dengan meningkatkan infrastruktur dan memberikan akses permodalan kepada masyarakat melalui kredit gerbang emas dengan bunga nol %.

β€œTentu upaya-upaya ini tidak bisa kami pungkiri berkat dukungan dari Pak Menko, Kepala BKKBN, Mentri Kesehatan beserta jajaran, termasuk dukungan yang luar biasa dari Gubernur Kalimantan Selatan dan jajaran pemerintahan provinsi, oleh sebab itu kami berharap agar dukungan tersebut tetap diberikan, apakah melalui dana APBN, APBD Provinsi dan lain-lain,” tutur Bupati Anang.

Dalam pertemuan ini juga disampaikan, angka kemiskinan ekstrem di Tabalong pada Tahun 2021 sebanyak 3.498 jiwa, sedangkan di Tahun 2022 turun menjadi 2.055 jiwa, atau mengalami penurunan sebesar 41 %.

Berdasarkan data badan pusat statistik hanya tersisa 601 kepala keluarga yang masuk kategori miskin ekstrem di Tabalong.

Muhammad Ariadi, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment