Home Tabalong Hari Ini USG Akan Tersedia di 13 Puskesmas di Tabalong

USG Akan Tersedia di 13 Puskesmas di Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan khususnya bagi ibu hamil, 13 puskesmas di Kabupaten Tabalong akan mendapatkan alat ultrasonografi atau USG dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

13 puskesmas yang akan mendapatkan alat USG ini adalah puskesmas Pugaan, Mungkur Agung, Muara Harus, Tanta, Tanjung, Murung Pudak, Mabuun, Wirang, Bintang Ara, Panaan, Upau, Ribang, dan Jaro.

Dimana USG ini merupakan hibah dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam rangka program penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Saat ditemui di ruangannya pada Selasa, 3 Oktober 2023, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Dokter Taufiqurrahman Hamdie, mengatakan alat USG ini nantinya akan diserahkan secara bertahap kepada seluruh puskesmas.

Sebelum diserahkan, Dinkes Tabalong juga akan terlebih dahulu memberikan pelatihan penggunaan USG kepada petugas kesehatan puskesmas.

“Nanti bertahap, nanti kita sisanya yaitu sekitar 6 puskesmas nanti kita lengkapi lagi, nah jadi USG ini maksudnya dikumpulkan di Gudang Farmasi, para dokter yang sebagai pelaksana nanti yang memegang alat tersebut dilatih, jadi dilatih bagaimana merakit maupun menggunakan USG tersebut, sehingga alat tersebut bisa digunakan sebagai alat deteksi dini tadi kepada ibu-ibu hamil,” ujar dr. Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong.

Taufiq berharap dengan adanya USG di puskesmas ini akan semakin meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Tabalong, khususnya dalam upaya menekan angka kematian pada ibu dan bayi.

Baca Juga  Mantap! 85 Desa di Tabalong Terima Dana Desa Lebih Cepat

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment