Home Tabalong Hari Ini Warga Miskin Capai 6.307 Jiwa, Pengentasan Kemiskinan Murung Pudak Jadi Konsen

Warga Miskin Capai 6.307 Jiwa, Pengentasan Kemiskinan Murung Pudak Jadi Konsen

by Muhammad Rais
0 comment

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani berharap agar Musrenbang RKPD 2025 tingkat Kecamatan Murung Pudak turut memprioritaskan program pemberdayaan masyarakat. Pasalnya, program tersebut dinilai berpengaruh terhadap upaya pengentasan kemiskinan.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tabalong tahun 2025 tingkat Kecamatan. Acara berlangsung di halaman kantor Kecamatan Murung Pudak pada Selasa, 30 Januari 2024.

Bupati Anang menekankan agar usulan Musrenbang tidak hanya memprioritaskan bidang infrastruktur saja, melainkan juga memprioritaskan bidang ekonomi, khususnya pemberdayaan masyarakat. Menurut Anang, program pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan UMKM merupakan salah satu upaya dalam mengentaskan kemiskinan.

Mengingat berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sebanyak 6.307 jiwa dari 1.866 kepala keluarga di Murung Pudak masuk dalam kategori miskin.

“Kalau memang hasil musdes yang 10.063 tadi real secara kenyataan berarti parah banget ini, ini harus kita entaskan. Disini lah seyogyanya lebih banyak selain infrastruktur ada juga usulan-usulan tentang bagaimana memberdayakan masyarakat. Kalau kita bicara perkotaan, maka kita bicara usaha yang bisa dilakukan oleh masyarakat, berarti kita bicara UMKM. Konsepnya perkotaan seperti itu, karena kita tidak bisa bicara pertanian disini, perkebunan disini, jadi banyaklah orang kota yang kita tingkatkan kualitas SDM-nya, apakah bikin batik tabalong, bikin camilan nah itu. Jadi infrastruktur oke, tapi yang lainnya juga harus mendapat perhatian.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  Bahas KUA PPAS Perubahan, Dewan: Usulan Disesuaikan dengan Skala Prioritas

Menyikapi hal tersebut, Camat Murung Pudak, Abdul Wahid, mengaku siap menindaklanjuti arahan dari Bupati Anang. Menurut Wahid, pihaknya bersama Pemerintah Desa dan Kelurahan akan berupaya meningkatkan ekonomi masyarakat melalui berbagai program pemberdayaan.

“Untuk peningkatan ekonomi, Pak Bupati mengharapkan agar UMKM di Kecamatan Murung Pudak itu lebih berkembang lagi. Jadi desa dan kelurahan sudah kita arahkan untuk melakukan refreshing kepada warganya. Setelah diadakan refreshing, baru diadakan pelatihan keterampilan, dan kita support alat dan lahan untuk berjualan. Dalam sederhananya, Murung Pudak ini akan bertransformasi jadi masyarakat yang penyedia jasa.” ujar Abdul Wahid, Camat Murung Pudak.

Wahid menambahkan, angka kemiskinan di Kecamatan Murung Pudak tahun 2025 diproyeksikan turun hingga 50 persen. Penurunan ini nantinya akan didukung melalui berbagai upaya peningkatan kesejahteraan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa dan Kelurahan serta Kecamatan Murung Pudak.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment