Home Editor's Picks Pemkab Ajak Masyarakat Terlibat dalam Proses Penetapan DPS Menjadi DPT

Pemkab Ajak Masyarakat Terlibat dalam Proses Penetapan DPS Menjadi DPT

by tabalong hari ini
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong meminta seluruh lapisan masyarakat terlibat dalam proses penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2024. Upaya tersebut dilakukan agar daftar pemilih Tabalong nantinya benar-benar akurat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani melalui sambutannya yang disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tabalong, Pebriadin Hapiz, saat pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Tabalong pada Rabu, 5 April 2023 di Gedung Sarabakawa Tanjung.

Ia meminta agar proses validasi daftar pemilih sementara dapat melibatkan seluruh unsur masyarakat, sehingga data yang didapat betul-betul sesuai dengan realita di lapangan.

Selain itu, ia juga mengharapkan partai politik selaku peserta pemilu untuk ikut serta mengawasi proses penetapan DPS menjadi DPT agar memperoleh data pemilih yang bersih, sehingga Pemilu 2024 di Kabupaten Tabalong dapat berjalan aman, sukses, dan tanpa sengketa.

“Saya juga meminta kepada semua petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih), pengawas kelurahan desa, lurah atau kades, dan pengurus partai politik tingkat desa atau kelurahan agar mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam penyusunan daftar pemilih, sehingga data pemilih sesuai realitas di masyarakat, yakni yang tidak memenuhi syarat sudah tidak ada di daftar, sedangkan yang memenuhi syarat masuk di daftar” ujar Pebriadin Hapiz, Asisten Pemerintahan & Kesra Setda Tabalong.

Baca Juga  Festival Anak Sholeh Tingkat Desa Wayau Sukses Digelar

Disamping itu, Bupati Anang juga turut mengapresiasi kinerja PPS, Pantarlih, dan penyelenggara pemilu lainnya yang telah bekerja lembur bahkan larut malam dalam proses penetapan daftar pemilih sementara.

Dari Rapat Pleno ini diketahui bahwa dari hasil pencocokan dan penelitian oleh 903 Pantarlih di 121 desa dan 13 kelurahan yang tersebar di 12 kecamatan, data pemilih sementara Tabalong yang aktif mencapai 187 ribu delapan pemilih.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment