Jalan Sehat & Balogo Meriahkan Hari Guru Nasional PGRI Murung Pudak

by tabalong hari ini
0 comment

Pengurus cabang PGRI Kecamatan Murung Pudak menggelar peringatan HUT PGRI ke-77 dan Hari Guru Nasional Tahun 2022. Peringatan ini diisi dengan kegiatan jalan sehat serta lomba Balogo, yang diikuti oleh ratusan guru dari berbagai sekolah TK, SD, SMP, hingga madrasah se Kecamatan Murung Pudak, yang dipusatkan di SDN 1.5 Belimbing.

Jalan sehat ini dilepas Ketua PGRI tabalong, Erwan Mardani, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tabalong, serta para pengurus PGRI Kabupaten Tabalong. Para peserta jalan sehat menempuh rute dari SDN 1.5 Belimbing, menuju daerah Pasar Lama, kemudian ke Pasar Kapar, terakhir memasuki Komplek Pertamina dan finish kembali di SDN 1.5 Belimbing.

Dalam sambutannya, Ketua PGRI Tabalong, Erwan Mardani,mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan PC PGRI Murung Pudak. Meski pun suasana gerimis, namun antusias peserta yang hadir cukup tinggi, sehingga Erwan berharap agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahun dan menjadi motor penyemangat bagi guru yang ada di Kecamatan Murung Pudak.

“Meskipun cuaca masih ada hujan hujan, tapi semangat tinggi, dan kami berharap kegiatan ini menjadi kegiatan rutin setiap tahun, terima kasih Ketua PGRI Kecamatan Murung Pudak dan seluruh jajaran, kami berharap kegiatan ini menjadi semangat yang besar bagi guru-guru yang ada di Kecamatan Murung Pudakm,” tuturnya.

Disamping mengikuti jalan sehat, beberapa orang guru dari perwakilan sekolah, juga berkompetisi dalam lomba Balogo. Ketua Pelaksana, Normaida mengatakan, alasan digelarnya lomba Balogo ini dibanding lomba-lomba lainnya, karena pihaknya ingin melestarikan budaya dari Kalimantan Selatan, sehingga permainan tradisional Balogo ini dapat terus lestari.

“Alasannya lomba Balogo ini adalah merupakan budaya dari wilayah kita Kalimantan Selatan, dan mudah mudahan dengan adanya permainan tradisional ini dapat membangkitkan kembali minat kita terhadap permainan permainan tradisional, nah untuk itu dengan ada lomba balogo mudah mudahan kita guru guru yang ada di Kecamatan Murung Pudak ini dapat terinspirasi , dapat menuangkan kreativitas nya, dapat menuangkan keterampilan nya didalam lomba Balogo itu tadi, karena ini adalah merupakan suatu pemikiran yang harus fresh, harus tenang dalam mencapai tujuan nya,” ucapnya.

Panitia pelaksana juga melakukan pengundian berbagai macam doorprize yang disediakan. Ketua PGRI Tabalong melakukan pengundian hadiah utama, yaitu berupa 1 buah kulkas, yang berhasil dibawa pulang oleh salah seorang guru dari SDN Mabuun.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment