Uji Ketangkasan UPT Pemasyarakatan Se-Kalsel di Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Kabupaten Tabalong menjadi tuan rumah pelaksanaan lomba uji ketangkasan petugas pemasyarakatan se Kalimantan Selatan, yang dilaksanakan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan. Kegiatan dipusatkan di Lapangan Tembak Wira Satya Utama Kompi 2 Pelopor Tanjung, Kecamatan Murung Pudak, pada 17 September 2022.

Perlombaan ini diawali dengan apel yang dibuka Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi, dengan disaksikan para Pimti, Kepala UPT dan para peserta dari 13 UPT pemasyarakatan se Kalsel. Pada perlombaan ini masing-masing UPT pemasyarakatan mengirimkan 6 orang petugas, terdiri dari 5 orang sebagai peserta dan 1 orang sebagai supervisor.

Di perlombaan ini, terdapat 3 tahapan yang dilakukan para peserta, yakni tahapan kekuatan fisik, tahapan ketangkasan dan tahapan kecepatan. Di tahapan awal atau tahapan kekuatan fisik, para peserta melakukan push up, sit up dan mengangkat beban dengan cara memindahkan ban.

Kemudian di tahapan ketangkasan, para peserta memasang pakaian tim tanggap darurat lengkap dan membentuk formasi untuk memadamkan api, membuka pintu sel simulasi untuk menjemput pasien dan akan digotong ke tandu untuk dibawa ke mobil ambulance. Pada tahapan ini peserta akan diganggu oleh tim bullshit sebagai simulasi kondisi dalam keadaan kerusuhan. Lalu tahapan terakhir yakni tahapan kecepatan, para peserta melakukan bongkar pasang senjata api. Semua penjurian dilakukan oleh para anggota Brimob.

Kepala Lapas Kelas 2B Tanjung, Heru Yuswanto mengatakan, lomba uji ketangkasan ini baru pertama kali digelar di Kalimantan Selatan, dan Tabalong dalam hal ini Lapas dan Rutan Tanjung dipercaya sebagai tuan rumah. Selain menjadi ajang silaturrahmi, kegiatan ini juga sebagai ajang untuk mengasah kemampuan petugas pemasyarakatan jika terjadi gangguan keamanan.

ÔÇťAdapun tujuan nya adalah satu deteksi dini gangguan keamanan, kedua memastikan tersedianya sarana dan prasarana bisa berguna atau tidak dan yg terakhir melihat kemampuan anggota seluruh Lapas yg ada di Kalsel ini,” tuturnya.

Dari hasil perlombaan ini didapatkan 3 tim pemenang. Juara pertama diraih Lapas Narkotika Karang Intan, juara kedua Lapas Kelas 2A Banjarmasin, dan juara ketiga Lapas Kelas 2B Amuntai.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment