Home Tabalong Hari Ini Pemkab Salurkan BLT Dana Desa Dari Dana Pusat

Pemkab Salurkan BLT Dana Desa Dari Dana Pusat

by Muhammad Rais
0 comment

Selain memonitor dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa, di hari yang sama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tabalong juga menyalurkan bantuan langsung tunai Dana Desa untuk keluarga penerima manfaat.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tabalong menyalurkan bantuan langsung tunai Dana Desa untuk penerima manfaat di seluruh desa di Kabupaten Tabalong. Penyaluran dilakukan pada 25 Oktober 2023 di Gedung Serba Guna Desa Kembang Kuning Kecamatan Haruai.

Besar BLT yang diserahkan adalah 300 ribu rupiah untuk setiap keluarga penerima manfaat setiap bulannya. Kabid Pemerintahan Desa DPMD Tabalong, Aidy Risyawal, menjelaskan bahwa BLT Dana Desa ini merupakan program langsung dari pemerintah pusat.

“Untuk BLT DD sendiri ini merupakan salah satu program langsung dari pemerintah pusat, yang pendanaannya memang dilaksanakan oleh pemerintah desa, dengan sumber pendanaan dari dana transfer APBN yang diterima oleh pemerintah desa sendiri. Jadi pemerintah pusat dalam hal ini mereka menargetkan itu kurang lebih 10 persen dari anggaran dana transfer APBN yang diterima desa, untuk dianggarkan sebagai dana yang akan diberikan kepada masyarakat miskin melalui program BLT DD ini.” ujar Aidy Risyawal, Kabid Pemerintahan Desa DPMD Tabalong

Aidy Risyawal menambahkan bahwa adanya BLT DD ini, pemerintah dapat berhasil menjaga daya tahan kestabilan masyarakat untuk terus berbelanja. Dengan adanya program ini, Aidy Risyawal berharap desa dapat menyalurkan kepada pihak yang berhak untuk menerima program ini, sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh masyarakat.

Baca Juga  Perkuat Lembaga Kearsipan, Dispersip Tabalong Bahas 2 Raperbup

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment