PPBI Tabalong Lakukan Aksi Penanaman pohon di DAS Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Komunitas pecinta bonsai yang tergabung dalam Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia, PPBI Kabupaten Tabalong melakukan aksi penanaman pohon di Daerah Aliran Sungai Tabalong pada 24 Juli 2022. penanam pohon dilakukan tepatnya di belakang Taman Siring Bersinar, Jalan Tepian Kecamatan Tanjung.

Jumlah pohon yang ditanam kali ini sebanyak 25 batang dengan jenis pohon waru. pohon ini merupakan hasil pembibitan dan budidaya yang dilakukan anggota PPBI Cabang Tabalong secara mandiri. penanamn pohon ini diharapkan dapat meminimalisir potensi longsor di Bantaran Sungai Tabalong.

Ketua PBBI Cabang Tabalong, Ahmad Syahrani berharap aksi mereka ini dapat memotivasi masyarakat lain agar turut serta dalam menjaga lingkungan. sehingga Daerah Aliran Sungai Tabalong aman dari longsor, dan kelestariannya terjaga.

“Bahwa di Sungai Tabalong ini ekosistem sungai ini dan longsor ini tidak lagi terjadi longsor sehingga ekosistem di sungai ini kembali pada fungsi sungai pada awalnya itu sehingga apa salah satunya adalah banyaknya ikan yang tinggal di Tabalong ini,” kata Ahmad Syahrani , Ketua PBBI Cabang Tabalong.

Sebelumnya komunitas ini juga melakukan penanaman pohon di Daerah Aliran Sungai Tabalong, tepatnya di belakang Pokta Kelurahan Sulingan. Selain itu mereka juga berencana melakukan penanaman pohon di wilayah Belimbing Kecamatan Murung Pudak, karena berdasarkan pantauan PBBI Tabalong lokasi tersebut merupakan rawan longsor dan dekat dengan pemukiman warga.

(Dari Doni, untuk TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment