Home Tabalong Hari Ini Akan Diakuisisi, PT. Bumi Jaya Sementara Hentikan Pembelian Karet

Akan Diakuisisi, PT. Bumi Jaya Sementara Hentikan Pembelian Karet

by Muhammad Rais
0 comment

Jagat dunia maya sempat diramaikan kabar PT Bumi Jaya menghentikan pembelian karet di Tabalong. Menanggapi hal ini, Pemerintah Kabupaten Tabalong langsung mengambil sikap dengan segera melaksanakan audiensi dengan pihak manajemen perusahaan.

Jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong dipimpin Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Setda Tabalong, Zulfan Noor, menggelar konferensi pers hasil audiensi Pemerintah Kabupaten Tabalong dengan PT Bumi Jaya tentang pembelian karet petani Tabalong pada Senin 24 Juli 2023, di Aula Tanjung Puri Setda Tabalong, Tanjung.

Dihadapan awak media, Zulfan Noor mengungkapkan bahwa dalam audiensi tersebut diketahui bahwa manajemen PT Bumi Jaya sementara menghentikan pembelian karet lantaran perusahaan dalam tahap pengambilan alih kepemilikan atau akuisisi oleh PT Kirana Megatara Group, sehingga dilakukan pembekuan keuangan.

Hal ini berdampak pada pembayaran supplier karet dan perusahaan terhutang pembayaran karet kepada supplier.

Penghentian pembelian ini akan berlangsung selama audit keuangan dan aset perusahaan diseluruh pabrik dibawah grup baru tersebut.

“Kemudian diharapkan akuisisi ini seharusnya tidak menghambat proses pembelian karet, ini permintaan dari kita dari tim, kita berharap itu. Kemudian keempat diharapkan masyarakat tidak terlalu dirugikan adanya penutupan sementara pembelian karet dari perusahaan PT Bumi Jaya, ini juga kita sampaikan,” ujar Zulfan Noor, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan & Pembangunan Setda Tabalong.

Baca Juga  Dewan Nilai Bimtek BPD Tabalong Penting Untuk Perjelas Tupoksi

Zulfan Noor meminta PT Bumi Jaya memberi kepastian jangka waktu penutupan sementara dan pembelian karet kembali, apabila tidak maka pemerintah akan melaksanakan evaluasi terhadap perusahaan.

Disamping itu, perusahaan juga diminta menyampaikan surat resmi kepada Bupati Tabalong perihal permasalahan ini.

Pemerintah Kabupaten Tabalong juga menyarankan PT Bumi Jaya tetap menerima pembelian karet, pasalnya berdasarkan informasi yang diterima dari manajemen perusahaan, 90 persen karet di Tabalong disuplai ke PT Bumi Jaya dengan produksi 3 ribu ton setiap bulannya.

Diketahui, PT Bumi Jaya akan kembali membeli karet pada hari Kamis, atau paling lambat hari Jumat, 28 Juli 2023. Hal ini disampaikan manajemen Bumi Jaya melalui pesan WhatsApp yang diterima Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag Tabalong, Syam-Ani, saat konferensi pers berlangsung.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment