by Muhammad Rais
0 comment

Fasilitasi Air Bersih TMAB Kodim 1008 Tabalong Menyasar 10 Lokasi

Program Kepala Staf TNI Angkatan Darat dalam Kegiatan TNI Manunggal Air Bersih TMAB turut Menyasar Kabupaten Tabalong. Program TMAB diresmikan langsung oleh KSAD yang diikuti seluruh Kodim seluruh Indonesia.

Peresmian penggunaan fasilitas air bersih melalui program TMAB dilakukan secara serentak oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman melalui video conference pada Selasa 25 Juli 2023.

Peluncuran ini diikuti Dandim 1008 Tabalong Letkol Czi Catur Witanto, bersama Sekretaris Daerah Tabalong Hamida Munawarah, dan sejumlah pihak terkait secara virtual dari Desa Kambitin, Kecamatan Tanjung.

Program Fasilitasi Air Bersih TMAB ini menyasar 10 titik di wilayah Kabupaten Tabalong yang masuk dalam desa kekurangan sumber air bersih dan menjadi lokus penanganan stunting.

Komandan Kodim 1008 Tabalong, Letkol Czi Catur Witanto, menjelaskan program TNI Manunggal Air Bersih merupakan langkah kolaboratif TNI dengan stakeholder terkait dalam upaya mendukung percepatan penurunan stunting di Tabalong.

“Kegiatan ini tetap berlanjut seperti yang disampaikan Bapak KSAD tadi, jadi TNI Manunggal Air Bersih tetap dilaksanakan, penurunan stunting tetap dilaksanakan, dan yang paling penting kita berkolaborasi bersama, TNI, Polri, pemerintah daerah, dan seluruh stakeholder yang ada untuk mengatasi kebutuhan masyarakat yang saat ini sedang dibutuhkan.” ujar Letkol Czi Catur Witanto, Dandim 1008 Tabalong.

Baca Juga  Polres Tabalong Amankan 2 Tersangka Pengedar Obat Terlarang

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tabalong, Hamida Munawarah, mendukung adanya program dari TNI ini. Selain penyediaan air bersih sebagai kebutuhan dasar, pihaknya juga akan memfasilitasi bantuan-bantuan bagi anak stunting.

“Pemerintah daerah mendukung, ya artinya SKPD terkait dengan air bersih kita siap mendukung, kemudian juga untuk bantuan-bantuan stunting kita juga dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana juga memberikan bantuan untuk anak-anak stunting, dan siap memfasilitasi.” ujar Hamida Munawarah, Sekda Tabalong.

Dalam kegiatan ini, turut diserahkan bantuan makanan tambahan kepada balita yang berisiko stunting melalui Program Bapak Asuh Anak Stunting Kodim 1008 Tabalong dan Pemkab Tabalong.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyand

Related Articles

Leave a Comment