Home Editor's Picks Bappedalitbang: Usulan Prioritas Musrenbang Sesuai Tema RKPD 2024

Bappedalitbang: Usulan Prioritas Musrenbang Sesuai Tema RKPD 2024

by tabalong hari ini
0 comment

Musrenbang RKPD Tahun 2024 tingkat kecamatan digelar di Kecamatan Tanta, Jumat 10 Februari 2023 tadi. Dalam Musrenbang ini Bappedalitbang tegaskan usulan yang berkaitan dengan IPM dan agrowisata jadi prioritas.

Sebanyak 187 usulan disampaikan dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang), dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2024 tingkat Kecamatan Tanta, yang digelar di kantor Kecamatan Tanta.

Usulan tersebut didapat dari hasil Musrenbang 14 desa yang ada di Kecamatan Tanta, yang terdiri dari 89 usulan infrastruktur atau 49 persen, 34 usulan bidang ekonomi atau 18 persen, serta 64 bidang pelayanan publik atau 34 persen.

Kepala Bappeda Litbang Tabalong, Noor Rifani yang ditemui usai Musrenbang menegaskan, tema RKPD Tahun 2024 ialah upaya peningkatan IPM dan agrowisata. Oleh karena itu, usulan-usulan yang berkaitan dengan kedua hal tersebut, akan menjadi prioritas.

“Kita jadikan infrastruktur ya tadi khususnya, tentunya adalah mendukung 2 hal tadi, tema tadi, yaitu IPM. IPM terdiri dari peningkatan pendidikan, peningkatan kesehatan, dan pendapatan masyarakat, dan juga terkait dengan agrowisata. Nah jadi itu mengarah kesana nanti 2 hal itu. Insha’Allah saya lihat dari usulan-usulan tadi mereka rata-rata ke arah situ,” kata Noor Rifani.

Noor Rifani menilai, wilayah Kecamatan Tanta mempunyai potensi untuk pengembangan agrowisata, hal itu perlu didukung dengan upaya pembenahan agrowisata dan infrastruktur menuju ke lokasi agrowisata.

Baca Juga  Bupati Anang Ajak Karang Taruna Berperan Aktif dalam Kegiatan Sosial

Selain itu Rifani juga menilai, pembenahan infrastruktur jalan ke arah perkotaan juga perlu dilakukan, karena dengan mudahnya akses ke pusat pendidikan dan kesehatan di perkotaan, IPM pun akan meningkat.

Alfi Syahrin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment