Home Tabalong Hari IniPertanian & Perkebunan Tim DPKP Kalsel Verifikasi 4 Nominator Penghargaan Insan Pertanian Berprestasi

Tim DPKP Kalsel Verifikasi 4 Nominator Penghargaan Insan Pertanian Berprestasi

by tabalong hari ini
0 comment

Tim verifikasi lapangan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan melakukan penilaian terhadap sejumlah kategori yang masuk dalam nominasi pemberian penghargaan kepada insan pertanian berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023.

Penilaian yang dilakukan oleh tim verifikasi lapangan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel ini dilakukan di BPP Kembang Kuning Kecamatan Haruai pada Senin, 22 Mei 2023.

BPP Kembang Kuning sendiri berhasil masuk dalam nominasi kategori Balai Penyuluhan Pertanian terbaik dalam pemberian penghargaan kepada insan pertanian berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023.

Ketua tim penilai sekaligus Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Kusmaryono, mengatakan bahwa dari 6 kategori penghargaan, Kabupaten Tabalong berhasil masuk dalam 4 kategori nominasi, yaitu kategori Balai Penyuluhan Pertanian, Kelembagaan Ekonomi, Petani Berprestasi, dan Gabungan Kelompok Tani.

Kusmaryono menambahkan bahwa masing-masing kategori tersebut dilakukan penilaian oleh tim penilai sesuai dengan kriteria penilaian yang sudah ditentukan dan melihat inovasi yang telah diterapkan dari semua kategori yang masuk dalam nominasi.

“Semua kategori itu ada kriteria penilaian nya dan tentu pertama kita mengacu itu dan kemudian juga kita ingin melihat inovasi dari semua kategori. Jadi selain dari kriteria penilaian yang sudah ada, kita akan melihat apakah yang akan kita nilai ini mempunyai inovasi. Nah, itu mungkin sebagai nilai tambah kami nanti untuk kami akan rapatkan dengan tim penilai yang lain,” ujar Kusmaryono, Ketua Tim Penilai.

Baca Juga  Warga Sulingan Sambut Meriah HUT Ke-78 RI

Selain penilaian kategori BPP berprestasi, di lokasi yang sama tim verifikasi juga melakukan penilaian terhadap Gapoktan Sinar Mas yang masuk dalam nominasi Gapoktan Berprestasi.

Selain itu, tim verifikasi juga melakukan penilaian kepada Widi Atmoko, petani asal Muara Uya, yang masuk dalam nominasi Petani Berprestasi, dan kelembagaan ekonomi subur Makmur Kecamatan Jaro yang masuk dalam nominasi Kelembagaan Ekonomi Berprestasi tingkat Provinsi Kalsel tahun 2023. Penilaian tersebut terpusat dilakukan di wisata embung Desa Jaro Kecamatan Jaro.

(Nova Arianti/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment