Home Editor's Picks Program Peremajaan Karet Disbunnak Tabalong Sasar 3 Desa

Program Peremajaan Karet Disbunnak Tabalong Sasar 3 Desa

by tabalong hari ini
0 comment

Puluhan ribu bibit karet diberikan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong kepada para kelompok tani yang ada di 3 desa di Kabupaten Tabalong. Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat membantu para petani dalam peremajaan karet.

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong memberikan bantuan bibit karet serta bantuan herbisida, fungisida, belerang, PMLT, dan knapsack sprayer kepada kelompok tani Baru Muncul Desa Pamarangan Kiwa Kecamatan Tanjung, kelompok tani Batu Alay, kelompok tani Ladir Bersatu Desa Wayau, dan kelompok tani Bersama Desa Waling Kecamatan Bintang Ara pada Senin, 10 April 2023.

Sebanyak 6.300 bibit karet ditujukan untuk Poktan baru muncul dengan luas lahan 15 hektar, 12.180 bibit karet untuk Poktan Batu Alay dengan luas 29 hektar, 10.080 bibit karet untuk Poktan Ladir Bersatu, dan 8.400 bibit karet untuk Poktan Bersama. Yang mana setelah diserahkan oleh Disbunnak, bantuan bibit dan peralatan lainnya akan dibagikan oleh masing-masing ketua kelompok tani kepada para anggotanya.

Plt Kabid Sarana Disbunnak Tabalong, Anik Pataih Wati, mengatakan kegiatan peremajaan karet merupakan kegiatan yang telah dijalankan Disbunnak Tabalong sejak tahun 2017 sampai sekarang. Disbunnak pun berupaya agar setiap tahunnya ada program peremajaan karet kepada para kelompok tani di Kabupaten Tabalong.

Melalui program tersebut, para petani karet diharapkan dapat mengganti tanaman karet tua mereka dengan tanaman baru, sehingga memiliki produktivitas dan kualitas karet tinggi. Terlebih bibit karet yang diberikan merupakan bibit unggul yang tahan terhadap resistensi serangan penyakit gugur daun yang saat ini tengah mewabah.

Baca Juga  Wabup Mawardi Mundur, Ini Kesan Bupati Anang...

“Kita akan terus meremajakan karena memang di Tabalong ini untuk tanaman yang sudah tidak menghasilkan dan juga tanaman yang rusak itu banyak sehingga kita perlu peremajaan kembali.” ujar Anik Pataih Wati, Plt Kabid Sarana Disbunnak Tabalong

Anik menambahkan, secara keseluruhan di tahun 2023 ini, Disbunnak Kabupaten Tabalong memberikan 71.400 bibit karet dan perlengkapan lainnya untuk 170 hektar lahan yang menyasar 10 desa dari 5 kecamatan di Kabupaten Tabalong, seperti Kecamatan Muara Uya, Kecamatan Haruai, Kecamatan Tanta, Kecamatan Tanjung, dan Kecamatan Bintang Ara.

(Nova Arianti/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment