Home Editor's Picks Pemkab Tabalong Harap SL Genta Pro Mampu Tingkatkan Ketahanan Pangan

Pemkab Tabalong Harap SL Genta Pro Mampu Tingkatkan Ketahanan Pangan

by tabalong hari ini
0 comment

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani melalui staf ahli bidang perekonomian, keuangan, dan pembangunan Zulfan Noor menyambut baik dilaksanakannya Farmers Field Day di Kabupaten Tabalong. Farmers Field Day merupakan salah satu langkah untuk menekan inflasi di Kabupaten Tabalong.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam sambutannya yang dibacakan staf ahli bidang perekonomian, keuangan, dan pembangunan Setda Tabalong, Zulfan Noor, saat menghadiri kegiatan FFD di Desa Masingai 2 pada 4 Mei 2023.

Menurutnya, kegiatan Farmers Field Day Sekolah Lapang Gerakan Tani Pro Organik dinilai sangat membantu petani di Tabalong. Pasalnya, sekitar 60 persen penduduk Tabalong mata pencahariannya bertumpu pada sektor pertanian.

Untuk itu, melalui Farmers Field Day ini juga diharapkan pengetahuan dan keterampilan petani akan meningkat, sehingga akan meningkatkan produktivitas pertanian khususnya padi di Tabalong.

“Tadi kita melihat hasil sekolah lapang yang dilaksanakan Dinas Pertanian, tanaman pangan, intinya satu, petani menggunakan pupuk organik. Kita lihat tadi laporan dari para petani, hasilnya sangat bagus dan sangat banyak. Ini merupakan salah satu trik pemerintah dalam rangka pengendalian inflasi. Diharapkan inflasi yang disupport oleh gabah ataupun beras ini bisa kita kendalikan,” ujar Zulfan Noor, staf ahli bidang perekonomian, keuangan, dan pembangunan.

Sementara itu, Kepala DKPPTH Tabalong Fahrul Raji mengungkapkan, pihaknya akan terus berupaya mendorong peningkatan produktivitas pertanian guna menunjang ketahanan pangan dan pengendalian inflasi yang lebih baik.

Baca Juga  PLUT Makin Dimanfaatkan Pelaku UMKM

“Dimana untuk kedepannya dinas kita ini bagaimana ketahanan pangan ini bisa kita pertahankan untuk pengendalian inflasi, jadi kita di dinas tentunya juga akan menindaklanjuti dari kegiatan ini, dan mungkin kita di dinas akan melakukan fokus berkaitan dengan bagaimana pemanfaatan organik dan juga ujung-ujungnya hasil beras di Kabupaten Tabalong. Tentunya produksinya akan meningkat,” ujar Fahrul Raji, Kepala DKPPTPH Tabalong.

Kegiatan FFD ini juga ditandai dengan panen secara simbolis oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong bersama jajaran Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan dan stakeholder terkait lainnya.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment