Home Editor's Picks Pemkab Tabalong Bakal Serahkan 203 Ekor Sapi untuk Kelompok Tani di Wilayah Utara

Pemkab Tabalong Bakal Serahkan 203 Ekor Sapi untuk Kelompok Tani di Wilayah Utara

by tabalong hari ini
0 comment

Guna Meningkatkan Populasi dan Pemenuhan Daging Sapi Lokal, Pemerintah Kabupaten Tabalong akan Memberikan Bantuan Ratusan Ekor Ternak Sapi Kepada Sejumlah Kelompok Tani. Bantuan ini direncanakan akan direalisasikan pada Caturwulan Kedua Tahun 2023.

Melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong pada tahun 2023, sebanyak 203 ekor sapi yang terdiri dari 100 ekor sapi betina dan 103 ekor sapi jantan bakal diserahkan untuk kelompok tani di wilayah utara Tabalong.

Dari jumlah tersebut, 100 ekor sapi betina nantinya akan diperuntukkan untuk pengembangbiakan dan penambahan populasi sapi di Tabalong, sementara 103 ekor sapi jantan akan ditujukan untuk program penggemukan guna memenuhi kebutuhan sapi lokal.

Saat ditemui di ruang kantor Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong, Soleh berharap agar kelompok tani yang nantinya menerima bantuan ternak sapi dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya.

Pasalnya, dengan adanya bantuan ternak sapi betina dan jantan, para kelompok tani tidak hanya dapat mengembangbiakkan sapi saja, namun juga dapat menjual dan memutar kembali modal yang ada sekitar 2 hingga 3 bulan.

“Nah, ini kenapa sapi jantan lebih banyak dari pada sapi betina ya. Nah, sapi betina ini nantinya kita masih bisa berkembang biak. Kalau sapi jantan ini rencananya kita beli yang masih dibawah standar, ibaratnya tidak terlalu mahal gitu ya. Nanti kita istilahnya penggemukan. Jadi sapi itu kita bagi ke petani untuk digemukan. Setelah gemuk 2 sampai 3 bulan sudah memenuhi standar untuk dipasarkan, kita jual, habis kita jual nanti petani itu beli lagi gitu. Jadi ini adalah modal awal untuk kelompok tani memelihara sapi dengan sistem perputaran dan daya. Jadi kalau gemuk kita suruh jual, uang hasil jualnya itu kita suruh beli lagi.” ujar Soleh, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong.

Baca Juga  Keseruan Anak-Anak Mencari Telur Paskah di Area GKE Eppata Tanjung

Soleh juga menambahkan, dipilihnya wilayah utara sebagai lokasi penerima bantuan ternak sapi ini lantaran pihaknya menilai wilayah utara Tabalong memiliki tempat yang strategis seperti memiliki dataran tinggi serta mudah untuk ditanami rumput pakan ternak.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment