Home Tabalong Hari Ini Syukuran Panen Padi IP 200 Kelompok Tani Maju Bersama Lumbang

Syukuran Panen Padi IP 200 Kelompok Tani Maju Bersama Lumbang

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Tabalong mengapresiasi keberhasilan Kelompok Tani Maju Bersama Desa Lumbang, Kecamatan Muara Uya, yang telah melakukan tanam padi IP 200. Keberhasilan ini diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan pangan di Tabalong.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong, Fahrul Raji, saat menghadiri syukuran panen padi IP 200 Kelompok Tani Maju Bersama Desa Lumbang, Kecamatan Muara Uya, pada Selasa, 22 Agustus 2022.

Keberhasilan tanam padi IP 200 Kelompok Tani Maju Bersama Desa Lumbang ini mendapat apresiasi dari Kepala DKPPTPH Tabalong, Fahrul Raji. Fahrul Raji berharap penanaman padi ini dapat terus ditingkatkan, sehingga dapat meningkatkan ketersediaan pangan di Tabalong.

Terlebih pada musim tanam musim kemarau 2023, lahan sawah ini ditanami tiga varietas padi, yaitu varietas Putri Ayu, Rojo Lele, dan Inpari Nutri Zinc, dengan hasil panen rata-rata sebanyak 5 ton.

“Kalau kita lihat, rata-rata hasilnya cukup baik. Alhamdulillah, artinya cukup berhasil. Walaupun tentunya perlu lagi kita tingkatkan, terutama berkaitan dengan bagaimana kita melakukan penanaman ini. Kedua, ini kita sudah lakukan percepatan. Alhamdulillah, tetapi bukan hanya waktu tanamnya yang kita perhatikan, tetapi juga berkaitan dengan pupuknya, mungkin juga berkaitan dengan bagaimana kita melihat kondisi alamnya juga,” ujar Fahrul Raji, Kepala DKPPTPH Tabalong.

Baca Juga  25 Kelompok Pembudidaya Ikan Bakal Terima Bantuan Kolam Ikan

Fahrul Raji berharap peningkatan dan percepatan penanaman padi di Tabalong perlu adanya dukungan dari berbagai sektor, baik dari segi irigasi atau pengairan, dan lain sebagainya, sehingga diharapkan Tabalong mampu melakukan tanam tiga kali dalam setahun.

(Nova Arianti, TV Tabalong)Top of Form

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment