Home DPRD Pengembangan Kampung Hortikultura Diminta Selaras dengan Pembinaan

Pengembangan Kampung Hortikultura Diminta Selaras dengan Pembinaan

by tabalong hari ini
0 comment

Di tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Tabalong telah melakukan pengembangan Kampung Hortikultura di 10 desa dari 2 kecamatan di Tabalong. Hal tersebut pun mendapat sorotan dari Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Tabalong, Mursalin.

Sebagai mitra kerja pemerintah daerah dalam bidang pertanian, perikanan, perindustrian, perdagangan, perkebunan, dan lainnya, Komisi 2 DPRD Tabalong melalui Wakil Ketua Komisi, Mursalin, menyoroti adanya pengembangan Kampung Hortikultura di Kabupaten Tabalong saat ini.

Ditemui terpisah, Mursalin mengatakan bahwa adanya pengembangan Kampung Hortikultura di Kabupaten Tabalong secara kuantitas terbilang baik, terlebih Tabalong sebagai penyokong IKN di sektor pangan dan hortikultura.

Namun, Mursalin menuturkan bahwa disamping pengembangan yang dilakukan, perlu adanya perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Tabalong baik dari segi pendanaan maupun pembinaan, agar seluruh Kampung Hortikultura dapat bergerak secara maksimal.

“Kami dari Komisi 2 mengharapkan dengan adanya pengembangan Kampung Hortikultura ini supaya benar-benar dilaksanakan sesuai dengan harapan, terlepas dari itu, sokongan dana yang diutamakan karena saat ini kan masih banyak infrastruktur-infrastruktur kita yang masih tidak mendukung dengan keadaan kampung horti itu sendiri,” ujar Mursalin, Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Tabalong.

Menurut pandangan Mursalin, selain sokongan dana untuk menunjang infrastruktur pertanian dan pembinaan dari SKPD, pemerintah daerah juga perlu mensupport dari segi pemasaran hasil produksi pertanian. Pasalnya, saat ini penjualan atau pemasaran menjadi kendala yang dialami petani.

Baca Juga  Jurni Minta Kesejahteraan TKS Nakes Ditingkatkan

Untuk itu, perlu adanya pengoptimalan keberadaan pasar agribisnis, terlebih Kampung Hortikultura sendiri ditangani oleh berbagai lintas sektor SKPD lingkup Pemkab Tabalong.

Sekedar diketahui, Kampung Hortikultura di Tabalong sudah terlaksana sejak tahun 2022 lalu, dan telah menetapkan 5 desa di Kecamatan Haruai dan Upau sebagai Kampung Hortikultura, yaitu Desa Masingai 1 dan Desa Masingai 2 Kecamatan Upau, Desa Kembang Kuning, Desa Catur Karya, dan Desa Lok Batu Kecamatan Haruai. Dan di tahun 2023, Kampung Hortikultura bertambah lagi 5 desa, yaitu Desa Hayup, Desa Wirang, Desa Bongkang, Desa Saradang, dan Desa Nawin Kecamatan Haruai.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment