Layanan Disdukcapil Bakal Sepenuhnya Beralih Ke MPP

by tabalong hari ini
0 comment

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, bersama jajaran SKPD terkait meninjau lantai dua Mal Pelayanan Publik, di Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, pada Senin 1 Agustus 2022. Tinjauan dilakukan untuk memastikan ketersediaan ruangan dan lahan, menjelang pemindahan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tabalong secara menyeluruh ke MPP.

Pasalnya selama ini hanya loket pelayanan dan bidang penunjang kinerja layanan yang beroperasi di MPP, sedangkan kantor utama berada di Sulingan. Setelah pindah ke MPP, bangunan Disdukcapil Tabalong di Sulingan ini akan ditempati Dinas Tenaga Kerja Tabalong.

Selanjutnya Bupati Anang bersama jajaran SKPD terkait juga meninjau pusat kuliner Mabuun, yang berada tepat di samping MPP. Pusat kuliner ini rencananya dihidupkan kembali dengan ditempati pedagang paliat, yang sebelumnya berjualan di belakang MPP. Dari hasil tinjauan, beberapa pedagang paliat mulai menempati bangunan pusat kuliner, meski sebagian besar bangunan dalam progress penataan ulang. Bupati Anang pun berharap, penataan ulang pusat kuliner Mabuun terus berlangsung, sehingga dapat menjadi tempat persinggahan yang nyaman bagi pengendara menuju Kalimantan Timur, ataupun sebaliknya.

Bertolak dari pusat kuliner Mabuun, rombongan bupati melanjutkan tinjauan ke kantor Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Tabalong. Sama seperti Disdukcapil Tabalong, seluruh bidang DKPPTPH Tabalong akan dipindahkan ke kantor di Mabuun. Sedangkan kantor terpisah di Jalan Jaksa Agung Tanjung akan ditempati Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Tabalong.

“Nah ini semuanya kita lakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, jadi kita satukan. Contoh dinas ketahanan pangan, perikanan, tanaman pangan dan hortikultura inikan terpisah, kepalanya disana, bidangnya ada disini. Begitu kita pindah saya tentu mengharapkan kinerja secara keseluruhan meningkat,” kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Bupati Anang menambahkan, sebelumnya tinjauan juga dilakukan ke Kantor Dinas Koperasi dan UKM Tabalong di jalan Jaksa Agung Tanjung. Namun karena dinas ini sudah menjadi satu dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tabalong di Jalan Ir. PHM Noor Pembataan, maka kantor terdahulu disiapkan untuk UPT Kemetrologian, Baznas Tabalong, dan Kantor Koperasi Pegawai Sarabakawa.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment