Home Editor's Picks Citra: KTP Digital Praktis, Tidak Takut Tertinggal & Hilang

Citra: KTP Digital Praktis, Tidak Takut Tertinggal & Hilang

by tabalong hari ini
0 comment

Tidak hanya memberikan pelayanan perekaman KTP Elektronik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalong, juga memberikan pelayanan untuk aktivasi KTP Digital, baik kepada pelajar , maupun para guru di SMKN 1 Murung Pudak.

Setelah para pelajar melakukan perekaman KTP, sejumlah petugas Disdukcapil, langsung mengarahkan para pelajar termasuk guru di SMKN 1 Murung Pudak untuk men download aplikasi identitas kependudukan digital di smartphone nya masing-masing. 

Para pelajar dan guru ini langsung diminta mengisi sejumlah data, seperti NIK, email, nomor hand phone, dan melalukan swafoto. Setelah berhasil, petugas Disdukcapil langsung memberikan kode akses untuk aktivasi.

Salah satu guru mata pelajaran di SMKN 1 Murung Pudak, Ahmad Riyadi, mengaku, sejumlah fitur di aplikasi identitas kependudukan digital atau KTP Digital, sangat bermanfaat dan memudahkannya.  Pasalnya dalam aplikasi tersebut, sudah terintegrasi sejumlah data pribadi yang dibutuhkan dalam urusan administrasi.

“Setelah melihat fitur-fiturnya lumayan bagus ya mba, soal nya kan fitur-fitur nya juga banyak. Nah selain KTP Digital juga di dalamnya ada NPWP, kartu keluarga, sama kartu vaksin, jadi ada beberapa file dan dokumen disitu,” katanya.

Selain itu, salah satu siswa SMKN 1 Murung Pudak, Citra menilai. Bahwa ktp digital sangat praktis, karena dapat diakses di smartphone masing-masing, tanpa harus takut tertinggal ataupun hilang.

“Merasa di per mudah juga karena KTP digital ini bisa di bawa kemana-mana, jadi kalau misalkan dompetnya ketinggalan terus KTP nya di dalamnya jadi kita gak usah ambil lagi misalkan ke rumah, jadi sudah ada di HP,” katanya. 

Baca Juga  Musorkab KONI Tabalong Jadi Upaya Tingkatkan Prestasi Olahraga

Disdukcapil sendiri menargetkan ada sebanyak 290 siswa dan siswi di SMKN 1 Murung Pudak, untuk melakukan perekaman E-KTP dan juga penerapan ktp digital. Dengan total target keseluruhan pelajar di Tabalong, yakni sebanyak 5.289 pelajar.

Hal ini dilakukan sebagai langkah Disdukcapil Tabalong, dalam mempercepat penerapan KTP Digital di Kabupaten Tabalong. Untuk diketahui, Kabupaten Tabalong sendiri pada Tahun 2023, menargetkan sebanyak 25 % pemilik ktp elektronik untuk menerapkan KTP Digital.  

Maria Ulfah, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment