Home Editor's Picks Cara Melindungi Kulit dari Dampak Sinar UV Berlebih

Cara Melindungi Kulit dari Dampak Sinar UV Berlebih

by tabalong hari ini
0 comment

Ada beberapa cara yang dapat melindungi kulit dari dampak yang ditimbulkan karena paparan sinar ultraviolet berlebih. Salah satunya adalah dengan penggunaan tabir surya atau sunscreen secara rutin.

Hal tersebut disampaikan Dokter Susi Wulansari saat menjadi narasumber di program Ruang Sehat TV Tabalong beberapa waktu lalu.

Dokter Susi mengatakan bahwa tabir surya atau sunscreen mampu membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Sehingga disarankan agar sunscreen digunakan setiap hari, dan penggunaannya tidak hanya ketika diluar ruangan saja, namun penggunaannya juga dilakukan ketika di dalam rumah.

Hal ini dikarenakan sinar ultraviolet terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu UV-A dan UV-B yang dapat menembus jendela rumah, sela-sela rumah, dan celah lainnya.

Sehingga penggunaan sunscreen dinilai penting untuk digunakan, dan penggunaannya harus diulang minimal dua jam sekali.

“Sunscreen ini tidak hanya dipakai pada saat kita keluar saja, nih. Justru di dalam juga kita perlu karena sinar ultraviolet ini dia ada tipenya yang bisa menembus kaca-kaca jendela, kemudian jendela mobil, kemudian sela-sela rumah. Nah, dia bisa masuk,” ujar dr. Susi Wulansari, dokter umum.

Dokter Susi menambahkan, saat ini terdapat banyak jenis sunscreen yang telah dijual di pasaran. Untuk itu, sebaiknya masyarakat bisa memilih jenis atau tipe sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulitnya.

You Might Be Interested In
Baca Juga  Warga Padang Lumbu Antusias Mencoblos, Tingkat Partisipasi Capai 80%

Selain penggunaan sunscreen, dokter Susi juga menyarankan bagi masyarakat ketika ingin beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya menggunakan pakaian tertutup seperti lengan panjang, celana panjang, topi, dan pakaian tertutup lainnya.

Pilihlah bahan pakaian yang bisa menyerap keringat. Hindari penggunaan pakaian ketat dan berwarna gelap, karena pakaian berwarna gelap dapat menyerap sinar UV, dan tidak hanya membahayakan kulit, namun sinar UV juga dapat membahayakan mata. Maka disarankan ketika beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya menggunakan kacamata hitam atau kacamata anti-radiasi yang mampu memberikan perlindungan terhadap sinar UV.

(Nova Arianti/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment