Balogo Jadi Cara Disdikbud Tabalong Bangkitkan Kebersamaan

by tabalong hari ini
0 comment

Dalam memeriahkan Kemerdekaan RI yang ke-77, Bidang Kebudayaan Disdikbud Tabalong menggelar perlombaan permainan tradisional Balogo. Lomba ini dilaksanakan pada 18 Agustus 2022, di Lapangan Basket Komplek Stadion Pembataan.

Lomba ini mendapatkan antusias yang tinggi dari masyarakat. Hal ini terlihat dari banyaknya para peserta yang mendaftar hingga lebih dari 70 orang. Para peserta ini datang dari berbagai kecamatan yang ada di Tabalong.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Tabalong, Masdulhak Abdi mengatakan. Selain untuk memeriahkan HUT RI yang ke-77. Kegiatan ini juga sebagai upaya dalam mensosialisasikan olahraga tradisonal Balogo. Terlebih Balogo dinilai mampu membangun kebersamaan, ketelitian, maupun sportivitas antar pemain.

“Jadi kita kegiatan ini sembari mensosialisasikan kepada masyarakat sebenarnya logo atau balogo ini masih bisa kita pakai sebagai salah satu wahana olahraga tradisional yang banyak mempunyai makna yaitu kebersamaan ketelitian dan kemudian sportivitas ya kemudian semangat dan sebagainya dan kita dengan berkumpul ini kita juga sambil membicarakan banyak hal tentang budaya daerah,” terangnya.

Dalam lomba ini Disdikbud Tabalong menyediakan hadiah uang pembinaan dan piala bagi para pemenang. Juara 1 mendapatkan uang sebesar 2.5 juta, juara 2 mendapatkan 2 juta, sedangkan untuk juara 3 akan mendapatkan uang sebesar 1,5 juta rupiah.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment