Home Editor's Picks Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam Ras dan Bawang Merah Naik di Pasar Wayau

Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam Ras dan Bawang Merah Naik di Pasar Wayau

by tabalong hari ini
0 comment

4 hari jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, harga daging ayam ras dan bawang merah naik di pasar Wayau, Kecamatan Tanjung. Naiknya harga kedua komoditi ini berkisar antara 3 hingga 5 ribu rupiah.

Berdasarkan pantauan harga bahan pokok penting, tim pengendali inflasi daerah Tabalong di pasar Wayau, Kecamatan Tanjung pada 18 April 2023, harga daging ayam mencapai 23 ribu rupiah per kilogram atau naik 5 ribu rupiah dari harga sebelumnya.

Penyebab naiknya harga daging ayam ras ini pun tidak diketahui pasti oleh para pedagang. Pedagang mengaku, harga beli yang sudah tinggi dari agen menyebabkan harga jualnya pun turut meningkat.

“Oh, berarti ada kenaikan Pak?” “Ada kenaikan. Alasannya itu ngarannya barangnya anu murah, urang kada mau kaya di kandang, kalo harga ngambil di agen mahal, kami menaik akan juga kalonya murah, ya murah juga,” ujar Yusran, pedagang ayam.

Sementara itu, harga bawang merah di pasar Wayau mencapai 35 ribu rupiah per kilogram atau naik 3 ribu rupiah dari harga sebelumnya. Kenaikan ini pun diakui pedagang lantaran menipisnya stok bawang, sehingga para pedagang harus mengambil bawang merah dari daerah lain.

“Kalau sebelum lebaran nih harganya turun lah?” “Kalau sebelum lebaran tuh harganya kisaran 32 ja, berarti naik lah? Naik, 3 ribu naiknya. Kenaikannya nih mulai pada hari Sabtu kemarin,” ujar Ariyanto, pedagang bawang merah.

Baca Juga  Hadiri Silaturahmi MUI Tanta, Bupati Anang Apresiasi Seluruh Masyarakat Tanta

Dalam pemantauan yang dipimpin langsung Ketua TPID Tabalong, Hamida Munawarah, ini juga diketahui harga sejumlah bahan pokok penting lainnya terbilang stabil dan aman.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment