Home Editor's Picks Dinkes Imbau Warga Waspadai ISPA dan Diare Musim Kemarau

Dinkes Imbau Warga Waspadai ISPA dan Diare Musim Kemarau

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Kesehatan Tabalong Mengimbau Masyarakat untuk Menjaga Kebersihan dan Pola Makan. Hal Ini Sebagai Upaya Mengantisipasi Penyakit yang Rentan pada Musim Kemarau.

Hal Tersebut Diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Dokter Taufiqurrahman Hamdie, saat Ditemui Belum Lama Tadi.

Taufiq Menjelaskan Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut Menjadi Salah Satu Penyakit yang Rentan Akibat Meningkatnya Polusi Udara di Musim Kemarau Saat Ini.

Selain ISPA, Diare yang Disebabkan Oleh Tercemarnya Sumber Air pada Musim Kemarau Turut Berpotensi Menjangkit.

Agar Tubuh Memiliki Imun yang Kuat, Ia Meminta Masyarakat untuk Menjaga Ketahanan Tubuh dengan Cara Mengatur Pola Makan dan Pola Istirahat.

Disamping Itu, Ia Juga Mengimbau Masyarakat untuk Memakai Masker agar Dapat Melindungi Diri dari Penyakit Menular yang Terjadi di Musim Kemarau.

“Walaupun COVID sudah selesai, dan pandemi menjadi endemi, tetap kita sarankan menggunakan masker bagi mereka yang dalam kondisi kemarau ini mengalami sakit, agar tidak menularkan ke orang lain atau tertular untuk diri sendiri yang kondisi tubuhnya lagi menurun. Kemudian jangan lupa ini keterkaitan dengan ketersediaan air, kita tahu di musim kemarau ini air sudah berkurang, ini juga banyak penyakit yang bersumber dari air. Jadi kalau kita tidak menjaga kebersihan air kita, ini bisa berdampak pada diare dan sebagainya. Alhamdulillah, untuk Tabalong diare tidak ada peningkatan, namun untuk ISPA memang terjadi peningkatan.” ujar dr. Taufiqurrahman Hamdie, Kadinkes Tabalong.

Baca Juga  1000 Ekor Ternak Sapi di Wilayah Perkotaan Akan Disuntik Vaksin PMK

Disamping Itu, Berbagai Upaya Telah Dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong untuk Mencegah Terjadinya Diare, Seperti Program Bebas Buang Air Besar Sembarangan dan Peningkatan Perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment