Home Tabalong Hari IniPolitik Bawaslu Tabalong Ajak Masyarakat Tingkatkan Partisipasi Pengawasan Pemilu

Bawaslu Tabalong Ajak Masyarakat Tingkatkan Partisipasi Pengawasan Pemilu

by Muhammad Rais
0 comment

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Tabalong menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif, pendidikan politik, kepemiluan, dan kelembagaan pengawas pemilu bagi masyarakat di Hotel Jelita Tanjung pada 10 Juli 2023.

Sosialisasi ini disampaikan oleh tiga pemateri terkait, di antaranya Ketua KPU Tabalong, pegiat pemilu, serta anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan.

Adapun materi yang disampaikan oleh ketiga pemateri tersebut terkait penyelesaian pelanggaran dan sengketa proses pemilu, penguatan komunikasi antar pihak dalam pengawasan pemilu, serta peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan partai politik, Panwaslu Kecamatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, siswa-siswi SLTA, mahasiswa, serta awak media yang ada di Tabalong.

Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan, mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan partisipasi pengawasan pemilu di kalangan masyarakat serta salah satu upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2024 mendatang.

“Ini dari Bawaslu sudah mencanangkan salah satu program ini, inilah salah satu tujuannya supaya teman-teman parpol, teman-teman mahasiswa, teman-teman yang hadir di sini supaya ikut mensukseskan pemilu, minimal sesuai target kita di atas 75 persen pemilih di Tabalong, supaya pemerintah mengeluarkan anggaran banyak itu tidak rugi. Alhamdulillah dengan kehadiran parpol, kehadiran mahasiswa, dan dari organisasi lainnya insyaAllah kita optimistis itu 2024, ulun yakin dengan partisipasi masyarakat dengan adanya ini, 2024 akan di atas 70 persen pemilih kita,” ujar Hirsan, Ketua Bawaslu Tabalong.

Baca Juga  Tingkatkan Layanan, PT AMTB Bangun Gedung Baru

Seperti diketahui, jumlah DPT di Kabupaten Tabalong saat ini sebanyak 186.424 pemilih, yang tersebar di 906 TPS se Kabupaten Tabalong. Sehingga untuk menghindari pelanggaran dan sengketa tersebut, seluruh masyarakat diajak untuk berpartisipasi dalam membantu pengawasan seluruh rangkaian pemilu tahun 2024.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment