Home Editor's Picks Berada di Posisi 2 Tertinggi se-Kalsel, Dispersip Terus Tingkatkan IPLM

Berada di Posisi 2 Tertinggi se-Kalsel, Dispersip Terus Tingkatkan IPLM

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong Upayakan Peningkatan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat atau IPLM. Pasalnya, IPLM merupakan hasil upaya Pemerintah Daerah dalam mengembangkan perpustakaan sebagai tempat belajar untuk mencapai budaya literasi masyarakat.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Dispersip Tabalong, Yumilda Triningsih, melakukan orientasi ke Pusat Layanan Perpustakaan Kota Samarinda, Kalimantan Timur, belum lama tadi.

Menurutnya, peningkatan Indeks Pembangunan Literasi IPLM di Tabalong perlu terus ditingkatkan, meski pada tahun 2022 IPLM Tabalong telah berada di posisi 2 SekalSel dengan angka 86,34 atau dengan tingkatan skor IPLM tinggi.

Untuk terus meningkatkan IPLM tersebut, dari hasil orientasi yang dilakukan di Samarinda, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan komunitas-komunitas membaca, meningkatkan peran Bunda PAUD maupun Bunda Literasi yang mendukung peningkatan literasi, serta adanya gedung perpustakaan yang representatif.

“Dari hasil yang kami peroleh pada diskusi kunjungan tersebut, banyak mereka yang telah dilaksanakan terutama dalam kerjasama dengan komunitas-komunitas. Kemudian juga adanya peran dari Bunda PAUD maupun Bunda Literasi yang mendukung kegiatan kunjungan-kunjungan dari anak-anak TK pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Samarinda. Juga banyak kiat-kiat lain yang mereka lakukan,” ujar Yumilda Triningsih, Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Dispersip Tabalong.

Baca Juga  634 Formasi P3K Tabalong Disetujui Menpan-RB

Yumilda menambahkan, pihaknya akan segera berbenah untuk meningkatkan nilai literasi masyarakat di Tabalong, sehingga Kabupaten Tabalong dapat mencapai 7 indikator peningkatan IPLM yang sudah ditargetkan oleh Perpustakaan Nasional.

Muhammad Ariadi, TV Tabalong.

Related Articles

Leave a Comment