Home Editor's Picks Menteri LHK Sebut Tabalong Jadi Langganan Peraih Penghargaan Bidang Lingkungan

Menteri LHK Sebut Tabalong Jadi Langganan Peraih Penghargaan Bidang Lingkungan

by Muhammad Rais
0 comment

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya, memberikan apresiasi kepada daerah peraih Penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2023. Kabupaten Tabalong disebut menjadi salah satu langganan peraih Nirwasita Tantra.

Apresiasi tersebut diungkapkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya, dalam sambutannya usai menyerahkan Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra kepada sejumlah kepala daerah dan pimpinan DPRD di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK Jakarta, Senin, 29 Agustus 2023.

Siti Nurbaya menyebutkan beberapa daerah di Indonesia menjadi langganan peraih Nirwasita Tantra, termasuk salah satunya Kabupaten Tabalong.

Menurutnya, keberhasilan meraih Nirwasita Tantra tidak lepas dari kapasitas para pemimpin daerahnya.

Terlebih, penilaian dan pencermatan para peraih Nirwasita Tantra dilakukan dengan merujuk kepada dokumen lingkungan, termasuk nilai-nilai ramah lingkungan yang sudah diaktualisasikan oleh masing-masing pemerintah daerah.

“Saya kenal baik daerah-daerah yang juara-jura tadi itu, Payakumbuh, Dharmasraya, Tuban, kemudian Bontang, Kalimantan, Balikpapan, Surabaya, udah deh gak usah diceritain lagi. Hampir semua orang, saya kira, tau bagaimana kapasitasnya. Tabalong, tadi ada Jombang, ada Lumajang, itu saya tau dan memang kapasitasnya, kepemimpinannya jago-jago. Tepuk tangan untuk semuanya. Saya bukan asal ngomong karena saya juga ada dilapangan,” ujar Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan Republik Indonesia.

Baca Juga  2 Jalan Kabupaten Bakal Dipasang Kamera ATCS

Siti Nurbaya menambahkan, disamping memberikan penghargaan, pemerintah pusat juga berencana memberikan dana insentif kepada daerah-daerah yang sudah berprestasi. Hal ini pun juga masih akan dikonsultasikan dan dirumuskan bersama Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Diketahui, di tahun 2023, Kabupaten Tabalong kembali meraih Penghargaan Nirwasita Tantra kategori Kabupaten Kecil dan kategori pimpinan DPRD kategori Kecil. Penghargaan masing-masing diterima langsung oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dan Ketua DPRD Tabalong, Mustafa, dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment