Home Editor's Picks Adaro Apresiasi Keberhasilan Budidaya Ikan Patin di Ponpes Miftahul Ulum

Adaro Apresiasi Keberhasilan Budidaya Ikan Patin di Ponpes Miftahul Ulum

by tabalong hari ini
0 comment

Jajaran PT Adaro Indonesia bersama Yayasan Adaro Bangun Negeri menggelar Panen Raya Ikan Patin Sabtu, 13 Mei 2023. Panen raya dilakukan di kolam budidaya ikan patin milik Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Desa Bangkiling Raya, Kecamatan Banua Lawas.

Panen raya ikan patin dilakukan Direktur Operasional PT Adaro Indonesia, Wahyu Sulistyo, bersama Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri, Okty Damayanti, serta sejumlah pimpinan perusahaan pendukung program CSR PT Adaro Indonesia dan pimpinan Ponpes Miftahul Ulum.

Panen raya ikan patin dilakukan di kolam budidaya yang dikelola Badan Pengelola Usaha Pesantren atau BPUP Ponpes Miftahul Ulum, yang merupakan hasil binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri melalui Program Adaro Santri Sejahtera selama 5 tahun terakhir.

Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri, Okty Damayanti, mengapresiasi pencapaian budidaya ikan patin di Ponpes Miftahul Ulum. Pasalnya, di tahun ini, pihak Ponpes melakukan gebrakan baru dengan memproduksi ikan patin beku.

“Jadi kalau kita lihat kembali pencapaian apa yang sudah dicapai oleh pondok pesantren Miftahul Ulum itu sangat membanggakan karena kami 1000% didukung oleh abah Ahmad Satar sebagai pimpinan pondok pesantren. Pencapaiannya itu sangat membanggakan lah ya. Pertama dalam hal budidaya ikan, sekarang itu sudah menggunakan budidaya yang modern tidak hanya budidaya, tapi sekarang juga mulai pengolahan pasca panen,” ujar Okty Damayanti, Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri.

Baca Juga  DKPPTPH Tabalong Targetkan 21.858 Hektar Lahan Ditanami Padi

Sementara itu, Direktur Operasional PT. Adaro Indonesia, Wahyu Sulistyo, turut merasa bangga dengan pencapaian yang telah diraih Ponpes Miftahul Ulum. Ia pun bersyukur bahwa Program Adaro Santri Sejahtera dapat bermanfaat bagi para santri dan juga warga sekitar.

“Apa yang kami bina, apa yang kami dampingi selama ini berhasil dan sejujurnya melebihi ekspektasi kami. Kalo kami hanya duduk berharap, kita hanya bisa memanen, tapi ini kan tidak hanya memanen tapi bisa melakukan fish frozen food yang itu pasarnya besar. Dan sekali lagi kami sangat bangga dengan Abah Kyai Haji ya. Dan tentunya kami juga bangga dan senang karena keberadaan Adaro bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Wahyu Sulistyo, Direktur Operasional PT. Adaro Indonesia.

Diketahui dari 2 kolam yang ada, dalam satu kali panen BPUP Ponpes Miftahul Ulum mampu memproduksi 6 ton ikan patin segar. Ikan tersebut kemudian diolah menjadi 8.000 bungkus patin beku dan dijual seharga 35 ribu rupiah per bungkus.

(Maria Ulfah/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment