Home Tabalong Hari Ini Sinergitas Kunci Keberhasilan Desa Murung Karangan

Sinergitas Kunci Keberhasilan Desa Murung Karangan

by Muhammad Rais
0 comment

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani apresiasi keberhasilan Desa Murung Karangan yang masuk dalam 5 besar Lomba Desa tingkat Regional Kalimantan-Sulawesi. Pasalnya, keberhasilan ini tidak lepas dari komitmen seluruh pihak untuk terus berinovasi.

Hal ini disampaikan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam sambutannya saat membuka verifikasi lapangan Lomba Desa tingkat Regional tiga Kalimantan-Sulawesi tahun 2023 pada Selasa, 18 Juli 2023, di Kantor Desa Murung Karangan, Kecamatan Muara Harus.

Bupati Anang memuji komitmen dan sinergi Kepala Desa, Camat Muara Harus, yang didukung BPD, perangkat desa, Tim Penggerak PKK, serta unsur Muspika, sehingga Desa Murung Karangan mampu mewakili Kalimantan Selatan di ajang Lomba Desa tingkat Regional tiga Kalimantan dan Sulawesi.

Menurut Bupati Anang, Desa Murung Karangan berhasil bertransformasi dari awalnya menggantungkan perekonomian dari hasil perkebunan, pertanian, dan perikanan. Kini, melalui berbagai inovasi yang dilakukan, desa ini berhasil membuat produk unggulan yang dapat meningkatkan perekonomian warga.

“Tetapi inilah salah satu contoh desa yang berhasil melakukan transformasi, dan pasca pandemi Covid-19, kepala desa beserta jajarannya bisa menumbuhkan UMKM sehingga masyarakatnya tidak lagi tergantung dengan hasil perkebunan mereka bisa mengolah sendiri, nah tinggal pak kades bagaimana mencari tempat di pinggir jalan itu, pak, pusat oleh-oleh Murung Karangan,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong

Bupati Anang berharap kesuksesan pemerintahan Desa Murung Karangan mampu memacu motivasi pemdes lainnya agar terus berinovasi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

Baca Juga  Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto Kunjungi Tabalong

Diketahui, dalam verifikasi lapangan ini, sebanyak 5 orang penilai diturunkan untuk memastikan kesesuaian antara data informasi dan fakta di lapangan, seperti data dan informasi bidang kemasyarakatan, pemerintahan, dan kewilayahan.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment