Home Tabalong Hari Ini Bazar UMKM dan Pagelaran Seni Desa Bersinar Isi Hati 2023 di Tabalong

Bazar UMKM dan Pagelaran Seni Desa Bersinar Isi Hati 2023 di Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tabalong menggelar bazar UMKM dan pagelaran seni pada Sabtu, 15 Juni 2023, di Taman Giat Kota Tanjung. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional.

Sebanyak 9 pelaku UMKM dan puluhan pelaku seni yang berasal dari Desa Bersinar atau Desa Bersih Narkoba turut memeriahkan bazar dan pagelaran seni yang digelar oleh BNNK Tabalong.

Pelaku UMKM ini menjual berbagai produk olahan mulai dari makanan ringan, buah-buahan, hingga kain sasirangan. Sedangkan pagelaran seni diisi dengan penampilan Madihin dan berbagai tari daerah.

Disamping itu, dalam kegiatan ini BNNK Tabalong juga secara resmi membentuk program Desa Bersinar di Kelurahan Maburai Kecamatan Murung Pudak dan Desa Karangan Putih Kecamatan Kelua.

Kepala Sub Bagian Umum Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tabalong, Salapudin, mengatakan bahwa kegiatan ini digelar sebagai bentuk apresiasi BNN kepada masyarakat khususnya di wilayah Desa Bersinar, sehingga terus aktif, kreatif, dan inovatif.

“Jadi tujuannya kami menggelar kegiatan ini kami ingin menghadirkan bahwa BNN itu ada di tengah-tengah masyarakat dengan menggandeng para UMKM wilayah binaan kami agar wilayah Desa Bersinar binaan kami ini bisa lebih aktif, kreatif, dan inovatif untuk mengarah ke arah yang positif.” ujar Salapudin, Kasubag Umum BNNK Kab. Tabalong.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Tabalong melalui Kepala Bidang Kewaspadaan dan Penanganan Konflik Kesbangpol Tabalong, Dutujispan, berharap agar ke depan program Desa Bersinar dapat dibentuk di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Tabalong, sehingga setiap Desa Bersinar yang ada di kecamatan dapat menjadi percontohan bagi desa maupun kelurahan lainnya.

Baca Juga  Jaga Kelestarian Lingkungan, DLH Pinta Pengusaha Wajib Miliki Izin Lingkungan

“Dengan adanya desa-desa bersinar ini diharapkan nanti ke depannya semua desa yang ada di Tabalong minimal pada satu kecamatan ada sebagai menjadi percontohan dan menjadi desa bersih dari narkoba tersebut.” ujar Dutujispan, Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Kesbangpol Tabalong

Diketahui hingga saat ini, BNNK Tabalong telah membentuk 9 Desa Bersinar yang terdiri dari Kelurahan Mabuun, Kelurahan Pembataan, Kelurahan Hikun, Desa Kasiau, Desa Manduin, Kelurahan Maburai, Desa Karangan Putih, Desa Namun, dan Desa Tanta.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

 

Related Articles

Leave a Comment