Home Tabalong Hari Ini DISKARPUS Paser Belajar Pengelolaan Kearsipan di DISPERSIP Tabalong

DISKARPUS Paser Belajar Pengelolaan Kearsipan di DISPERSIP Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DISKARPUS) Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, melakukan studi tiru ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPERSIP) Kabupaten Tabalong pada Rabu, 27 September 2023. Studi tiru dilakukan untuk mengetahui pengelolaan kearsipan yang telah dilakukan oleh DISPERSIP Tabalong.

Rombongan dari DISKARPUS Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, ini disambut oleh Kepala Bidang Pengelolaan Perlindungan dan Penyelamatan Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong, Rahma Norita, di Depo Arsip DISPERSIP Tabalong.

Rahma Norita mengatakan bahwa kunjungan atau studi tiru yang dilakukan oleh DISKARPUS Kabupaten Paser ke DISPERSIP Tabalong ini bertujuan untuk mengetahui mengenai kearsipan, mulai dari pendataan awal arsip hingga ke proses pemusnahan atau penyusutan arsip. Untuk penyusutan arsip, telah dilakukan oleh DISPERSIP Kabupaten Tabalong sejak tahun 2022.

“Alhamdulillah untuk Kabupaten Tabalong kami sudah dua kali melakukan, dari tahun 2022 dan tahun 2023 ini. Kalau untuk di provinsi, kami lah yang pertama kali melakukan penyusutan arsip atas dinas sendiri, DISPERSIP, dan yang kedua eks kehutanan,” ujar Rahma Norita, Kepala Bidang Pengelolaan Perlindungan dan Penyelamatan Arsip.

Sub Koordinator Pengelolaan dan Layanan Kearsipan DISKARPUS Kabupaten Tabalong, Marwan Natsir, menyatakan bahwa dipilihnya Tabalong sebagai tempat studi tiru karena pihaknya menilai bahwa pengelolaan arsip, terutama penyusutan arsip yang dilakukan oleh DISPERSIP Tabalong, lebih baik. Pihaknya akan menerapkan ilmu yang didapat dari hasil studi tiru ini di DISKARPUS Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Harga Cabai Makin "Pedas" di Pasar Kapar Murung Pudak

“Ada yang bisa kami ambil atau kami aplikasikan di daerah kami, karena kalau Tabalong kebetulan menurut kami, kalau kami melihat dari akun-akun IG-nya, itu sangat-sangat kreatif dan sangat baik. Mudah-mudahan dengan kedatangan kami di sini, mungkin kami izin nanti bisa menerapkan atau mengaplikasikan di daerah kami,” ujar Marwan Natsir, Sub Koordinator Pengelolaan dan Layanan Kearsipan DISKARPUS Kabupaten Paser.

Marwan Natsir berharap dengan adanya kegiatan ini, silaturrahmi antara DISKARPUS Kabupaten Paser dan DISPERSIP Kabupaten Tabalong dapat terus terjalin, agar dapat mengelola arsip dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment