Home Editor's Picks Barang Bawaan Jamaah Haji Kloter 13 Aman

Barang Bawaan Jamaah Haji Kloter 13 Aman

by tabalong hari ini
0 comment

Lead: Sebelum memasuki ruang keberangkatan, ratusan Jamaah Haji Kloter 13 dari Kabupaten Tabalong, Balangan, dan Kota Banjarmasin melakukan serangkaian pemeriksaan barang bawaan pada Kamis, 15 Juni 2023.

Pemeriksaan ini merupakan salah satu prosedur yang sudah ditetapkan sebelum nantinya para jamaah akan memasuki ruang keberangkatan. Pemeriksaan dilakukan oleh pihak Asrama Haji, bersama Aviation Security atau AVSEC Bandara, Bea Cukai, serta petugas imigrasi. Menggunakan X-ray layaknya di bandara, seluruh barang bawaan jamaah diperiksa. Selain pemeriksaan barang bawaan, pihak imigrasi juga kembali memeriksa paspor tiap jamaah haji.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan, Muhammad Tambrin, menjelaskan bahwa dari hasil pemeriksaan tersebut tidak terdapat barang bawaan yang dilarang. Hal ini sudah sesuai arahan dari kabupaten/kota masing-masing.

“Tidak ada temuan, karena memang dari kabupaten/kota, Kankemenag Tabalong, Balangan, serta Kota Banjarmasin sudah memberikan informasi bahwa barang yang tidak boleh dibawa itu sudah dipenuhi.”  ujar Muhammad Tambrin, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel.

Usai melakukan pemeriksaan tersebut, para jamaah memasuki ruang keberangkatan yang sudah disterilisasi oleh pihak Asrama Haji. Para jamaah ini dilepas langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan.

Diketahui, total jamaah haji Kloter 13 embarkasi Banjarmasin yang berangkat sebanyak 328 jamaah. Mereka terdiri dari jamaah haji Tabalong sebanyak 110 orang, Balangan 190 orang, Banjarmasin 20 orang, pendamping haji daerah 3 orang, dan petugas haji 5 orang.

Baca Juga  Kini Dokumen Kependudukan Tak Perlu Dilegalisir

Para jamaah haji ini telah diterbangkan melalui Bandara Syamsudin Noor pada Kamis, 15 Juni 2023, pukul 15.00 WITA, menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA 8113. Jamaah haji tiba di Jeddah Jumat, 16 Juni 2023, pukul 00.50 waktu setempat.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment