Home Tabalong Hari Ini Jamaah dari Berbagai Wilayah Hadiri Haul Ke-19 Guru Sekumpul

Jamaah dari Berbagai Wilayah Hadiri Haul Ke-19 Guru Sekumpul

by Muhammad Rais
0 comment

Masyarakat dari berbagai wilayah Tabalong maupun luar daerah menghadiri Haul Guru Sekumpul ke-19 di Masjid Jami Nurul Anwar. Sepanjang jalan menuju titik utama acara Haul, juga didirikan rest area yang menyediakan makan dan minum gratis.

Beginilah suasana menjelang Haul Abah Guru Sekumpul ke-19, yang digelar pada Kamis malam, 25 Januari 2024, di Masjid Jami Nurul Anwar, Kelurahan Agung, Kecamatan Tanjung.

Terlihat ribuan masyarakat memadati Jalan Basuki Rahmat dari Masjid Ash Shiratal Mustaqim Tanjung hingga simpang tiga Hikun dan Jalan Garuda.

Selain dipadati masyarakat, panitia, didukung masyarakat setempat, juga mendirikan rest area yang menyediakan makan dan minum gratis di beberapa titik sepanjang Jalan Basuki Rahmat.

Salah satunya rest area di seberang Masjid Jami Nurul Anwar.

Jamaah Haul Sekumpul asal Kelua, Syarifudin Noor, turut terlibat menyediakan makan dan minum gratis di rest area ini.

Ia mengatakan, pihaknya membuka rest area selama tiga tahun berturut-turut, sejak Haul Guru Sekumpul digelar di Agung.

Setiap tahunnya pengelola rest area menyediakan menu bervariasi. Untuk tahun ini disediakan gorengan pisang, cimpedak atau tiwadak, serta buah langsat dan rambutan.

Rest area ramai diserbu jamaah Haul hingga menghabiskan pisang 2 tandan, cimpedak 3 karung, langsat 2 kantong besar, dan rambutan 2 karung.

“Ampun saurang. Nah banyak ulun bakabun kalo rambutan itu sampai 15 kayu, pas kana, tahun tadi kaitu jua pas kana musim haul. Tiwadaknya kaitu jua 5 kayu baisi. Nah Alhamdulillah kadada manukar,” ujar Syarifudin Noor, Jamaah Haul Sekumpul.

Sementara itu, jamaah Haul asal Haruai, Jauhar Nawawi, menyambut baik pelaksanaan Haul Sekumpul tahun ini yang berlangsung meriah. Ia berharap jamaah Haul semakin bertambah pada tahun berikutnya.

“Cukup meriah tahun ini. Mungkin yang sebelum-sebelumnya itu belum seperti ini, tapi kalo malam ini cukup banyak sekali jamaahnya. Luar biasa. Jadi untuk tahun yang akan datang mungkin harapannya lebih banyak lagi, lebih meriah lagi seperti ini,” ujar Jauhar Nawawi, Jamaah Haul Sekumpul.

Haul Abah Guru Sekumpul ini dipimpin Guru Haji Muhammad Fahmi dari Sekumpul Martapura, dan Guru Haji Ahmad Junaidi bin Kiai Haji Riduan dari Lok Bangkai Amuntai. Acara juga dihadiri para alim ulama, habaib, dan pejabat tinggi Kabupaten Tabalong.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

You Might Be Interested In
Baca Juga  Puskesmas Jaro Dibangun Tahun 2024, Ada Layanan PONED dan IGD 24 Jam

Related Articles

Leave a Comment