Pemudik Diminta Lapor RT Atau Tetangga Sebelum Tinggalkan Rumah

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Melakukan mudik lebaran, menjadi hal yang ditunggu umat muslim agar bisa berkumpul bersama keluarga. Namun sebelum melakukan mudik, ada baiknya memperhatikan kondisi rumah sebelum ditinggalkan. Badan penanggulangan bencana daerah Tabalong, membagikan dua point utama yang harus diperhatikan, agar rumah yang ditinggalkan aman dari musbah kebaran.

Pertama matikan sumber aliran listrik di rumah sebelum mudik. Pasalnya tak sedikit kasus kebakaran bermula dari korsleting arus litrik. Selain itu, instalasi listrik yang sudah berumur 10 tahun, disarankan untuk diperiksa dan diperbaharui.

Kedua pastikan regulator kompor gas dilepas. Pasalnya regulator yang terpasang memicu gas keluar dari tabung. Terlebih saat pemasangan tidak tepat, gas bisa menyebar, sehingga sangat rentan menyebabkan kebakaran saat dipicu api kecil sekalipun.

Dan ketiga, sebelum mudik pastikan melapor ke ketua RT atau tetangga terdekat, agar dapat membantu mengawasi rumah yang ditinggalkan.

 “Melapor kepada RT atau teteangga, untuk bisa mengawasikan rumah yang ditnggalkan, dan juga Kalau instalasi itu yang sudah berusia lebih dari 10 tahun, agar bisa diperiksa, kalau bisa diperbaharui.” Kata Zainuddin, Kepala BPBD Tabalong.

Zainuddin juga mengingatkan amsyarakat yang ingin mudik memperhatikan kondisi tubuh dan kendaraan. Sehingga perjalanan mudik aman, hingga kembali ke Tabalong. (Dano Nafarin).

Related Articles

Leave a Comment