Home DPRD Dewan Harap Program Budidaya Kambing Tingkatkan Perekonomian Peternak

Dewan Harap Program Budidaya Kambing Tingkatkan Perekonomian Peternak

by Muhammad Rais
0 comment

DPRD Tabalong berharap bantuan kambing yang diserahkan Pemerintah Kabupaten Tabalong dapat memenuhi kebutuhan daging di Tabalong serta meningkatkan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, pihak DPRD pun mendukung program tersebut.

Harapan tersebut diungkapkan Wakil Ketua Komisi Dua DPRD Tabalong, Mursalin, usai penyerahan secara simbolis bantuan kambing kepada kelompok tani pada Selasa, 18 Juli 2023, di halaman kantor Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Perikanan Tabalong, Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Mursalin menyambut baik bantuan untuk mengembangkan budidaya kambing di Kabupaten Tabalong. Pasalnya, ia menilai saat ini kebutuhan daging kambing masih minim, serta budidaya kambing akan memacu peningkatan ekonomi masyarakat.

“Jadi kebutuhan Tabalong saja itu sekitar 17 ribu per tahunnya, sedangkan kambing kita tidak mencapai 30% dari kebutuhan, itu yang pertama. Yang kedua harapan kita juga ini peningkatan ekonomi, dengan turunnya harga karet yang susahnya mendapatkan hasil dari karet itu, satu-satunya gebrakan dari Disbunnak itu mereka menyalurkan peternakan kambing dan juga sapi.” ujar Mursalin, Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabalong.

Mursalin menambahkan bahwa pihaknya akan terus mendukung kelanjutan program budidaya kambing, mengingat bantuan yang telah berjalan sejak tahun 2021 ini. Sebagian besar bantuan telah berhasil, dan setiap ekornya mampu menghasilkan 3 ekor kambing dalam waktu 2 tahun.

Diketahui, pada tahun 2023, Disbunnak Tabalong menyerahkan 99 ekor kambing, terdiri dari 89 kambing betina peranakan Etawa dan Jawa Randu, serta 10 kambing jantan peranakan asli Boer. 89 kambing betina diserahkan untuk 5 kelompok tani, sedangkan 10 kambing jantan untuk 10 kelompok tani.

Baca Juga  Rapat Paripurna DPRD Tabalong ke-17 Masa Sidang II

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

 

Related Articles

Leave a Comment