Home Tabalong Hari Ini Tingkatkan Populasi Sapi, Puluhan Sapi di Kambitin Raya Jadi Sasaran Kawin Suntik

Tingkatkan Populasi Sapi, Puluhan Sapi di Kambitin Raya Jadi Sasaran Kawin Suntik

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam rangka meningkatkan populasi ternak sapi di Kabupaten Tabalong, Dinas Perkebunan dan Peternakan melaksanakan program sinkronisasi birahi sapi pada Rabu, 10 Januari 2024. Program ini menyasar ternak sapi di Desa Kambitin Raya.

Pada program sinkronisasi ini, sebanyak 10 ekor sapi betina mendapatkan suntik hormon perangsang birahi dari petugas kesehatan hewan bidang keswan dan kesmavet Disbunnak Tabalong.

Sebelum disuntik hormon, sapi-sapi akan dicek terlebih dahulu nilai body score conditionnya, yang terbagi menjadi 4 kondisi: 4 (sangat gemuk), 3 (sedang), 2 (agak kurus), dan 1 (kurus).

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong, Dokter Hewan Suwandi, menjelaskan bahwa sapi-sapi ini akan disuntik hormon sebanyak 3 kali. Dalam suntikan terakhir, akan dilakukan inseminasi buatan atau kawin suntik.

“Nah, sasaran kita yang dibcs 2,75 artinya yang sedang, yang tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Nah, apabila kita periksa atau dapat laporan dari peternak, sapinya tidak minta kawin sudah sampai 3-4 bulan, maka akan kita cek bagaimana reproduksinya. Apabila bagus, maka kita akan melakukan program sinkronisasi dengan suntikan 1 14 artinya hari pertama kita suntik, nanti hari ke 14 kita suntik. Dua hari berikutnya akan kita lakukan inseminasi buatan atau kawin suntik.” ujar drh. Suwandi, Kabid Keswan & Kesmavet Disbunnak Tabalong.

Baca Juga  Talkshow HUT 51 B-Post, Bupati Anang Bahas Soal Kemandirian UMKM

Sementara itu, Penyuluh Pertanian Desa Kambitin Raya, Usman, menyatakan kegembiraannya dengan program yang dilakukan oleh Disbunnak Tabalong. Ia menyebutkan bahwa program ini diharapkan dapat meningkatkan populasi ternak sapi yang ada di Desa Kambitin Raya.

“Sangat membantu petani-petani kita, khususnya petani ternak. Yang tadi sudah disampaikan bahwa di sini tidak terlalu banyak populasi sapi, akhirnya ada bantuan, dari 100 ya menjadi 200, belum lagi sudah bertambah karena ada program ibu tadi ya. Tentunya mempercepat penambahan populasi ternak, akhirnya sampai sekarang sudah ada 20 anak-anak sapi yang dilahirkan dari ibu itu tadi.” ujar Usman, Penyuluh Pertanian Desa Kambitin Raya.

Usman juga berharap dengan dilaksanakannya kegiatan sinkronisasi ini, sapi-sapi yang ada di Kambitin Raya dapat menjadi bunting, sehingga dapat menambah populasi sapi, serta menghindari sapi-sapi betina yang berumur produktif dipotong.

Berdasarkan data Disbunnak Tabalong, saat ini populasi sapi di Tabalong berjumlah 3.650 ekor, sedangkan populasi sapi di Kambitin Raya sendiri berjumlah kurang lebih 220 ekor.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

You Might Be Interested In
Baca Juga  Disbunnak Salurkan Bantuan Hewan Ternak Untuk Kelompok Tani

Related Articles

Leave a Comment