Home Tabalong Hari Ini Produksi Perikanan Tabalong Capai 19 Ribu Ton, Perikanan Budidaya Mendominasi

Produksi Perikanan Tabalong Capai 19 Ribu Ton, Perikanan Budidaya Mendominasi

by Muhammad Rais
0 comment

Produksi perikanan di Kabupaten Tabalong tahun 2023 mencapai 19 ribu ton. Produksi perikanan tersebut didominasi oleh perikanan budidaya.

Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong, sepanjang tahun 2023 produksi perikanan di Tabalong mencapai 19.198,7 ton. Jumlah tersebut meningkat sekitar 1.005,34 ton dibandingkan tahun 2022 lalu dengan produksi 18.193,36 ton.

Adapun produksi perikanan di tahun 2023 terbagi menjadi 3 jenis, di antaranya produksi perikanan budidaya seperti kolam, keramba, dan mina padi sebanyak 17.124,2 ton, perikanan tangkap sebanyak 2.041,03 ton, dan pengolahan hasil perikanan sebanyak 33,4 ton.

Fungsional Pengelola Produksi Perikanan Tangkap DKPPTPH Tabalong, Dedy Rahnoni, yang ditemui belum lama tadi, menuturkan bahwa untuk terus meningkatkan produksi perikanan di Kabupaten Tabalong, pihaknya akan terus memberikan bantuan bagi pembudidaya atau penangkap ikan.

“Bantuan sarana produksi perikanan, kalau di perikanan ini namanya sarana produksi perikanan kita bantu melalui bantuan pembuatan kolam, bantuan pakan, dan bantuan bibit untuk perikanan, dimana biasanya kita akan bantu dengan bantuan sarana penangkap ikan, alat tangkapnya kemudian sarana penangkapan lainnya. Nah untuk di pengolahan biasanya kita bantu dengan alat-alat pengolahan ikan,” ungkap Dedy Rahnoni, Fungsional Pengelola Produksi Perikanan Tangkap DKPPTPH Tabalong.

Dedy menambahkan, selain memberikan bantuan kepada masyarakat, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi dan pembinaan terhadap pencegahan hama dan penyakit pada perikanan, serta sosialisasi pencegahan illegal fishing.

Baca Juga  Leptospirosis, Penyakit yang Perlu Diwaspadai Kala Banjir Datang

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment