Home Tabalong Hari Ini 54 Juta Ekor Benih Ikan Dihasilkan di Tabalong Sepanjang Tahun 2023

54 Juta Ekor Benih Ikan Dihasilkan di Tabalong Sepanjang Tahun 2023

by Muhammad Rais
0 comment

Tidak hanya peningkatan pada produksi perikanan, di tahun 2023 produksi benih ikan di Kabupaten Tabalong meningkat hingga 2 juta ekor. Produksi benih tersebut diperoleh dari Unit Pembibitan Rakyat atau UPR.

Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong melalui Unit Pembibitan Rakyat, di tahun 2023 produksi benih ikan mencapai 54 juta 100 ribu ekor. Jumlah tersebut meningkat sekitar 2 juta 956 ribu ekor dibandingkan tahun 2022 lalu yang berjumlah 51 juta 144 ribu ekor.

Adapun benih ikan tersebut antaranya ikan nila, mas, lele, betok atau papuyu, dan gurame.

Fungsional Pengelola Produksi Perikanan Tangkap DKPPTPH Tabalong, Dedy Rahnoni, yang ditemui belum lama tadi, menuturkan bahwa hasil produksi pembibitan tersebut tidak hanya dipasarkan di wilayah Tabalong, namun juga menjangkau daerah lain.

“Jadi hasil-hasil pembibitan ikan ini tergantung permintaan. Misalnya, terutama untuk wilayah kita sendiri, para pembudidaya ikan yang mengambil dari unit-unit usaha pembibitan ikan, dan itu juga dipasarkan keluar dari Kabupaten Tabalong, bahkan keluar dari Kalimantan Selatan, misalnya ke daerah Kalimantan Tengah, terus ke Kalimantan Timur,” ujar Dedy Rahnoni, Fungsional Pengelola Produksi Perikanan Tangkap DKPPTPH Tabalong.

Dedy berharap bibit-bibit ikan yang dihasilkan oleh pembudidaya dapat semakin berkualitas sehingga dapat tumbuh besar dengan cepat, sehat, dan dapat memenuhi cara pembudidayaan ikan yang baik.

Baca Juga  Ratusan Siswa-Siswi SMKS Tabalong Dinyatakan Lulus

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment