Home Editor's Picks Bupati dan Ketua DPRD Tabalong Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra

Bupati dan Ketua DPRD Tabalong Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra

by Muhammad Rais
0 comment

Tahun 2023, Kabupaten Tabalong kembali melengkapi penghargaan di bidang lingkungan hidup. Penghargaan sebagai Green Leadership diterima oleh Bupati dan Ketua DPRD Tabalong dalam penghargaan Nirwasita Tantra pada Senin, 29 Agustus 2023.

Penghargaan Nirwasita Tantra diraih Kabupaten Tabalong melalui kategori Pemerintah Daerah Kabupaten Kecil, dan kategori Pimpinan DPRD Kabupaten Kecil.

Penghargaan masing-masing diterima langsung oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dan Ketua DPRD Tabalong, Mustafa, dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK Jakarta.

Ditemui usai penyerahan penghargaan, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, mengatakan Nirwasita Tantra bukan hanya sekedar penghargaan, namun pihaknya memiliki tujuan akhir untuk mewujudkan pengelolaan lingkungan hidup yang baik, untuk kehidupan masyarakat yang lebih nyaman.

“Tujuan akhir itu terwujudnya pengelolaan lingkungan hidup yang baik, tadi mengurangi emisi, polusi, sampah, supaya apa? Supaya kehidupan manusia itu lebih nyaman. Nah, kalau kehidupannya lebih nyaman karena didukung lingkungan hidup yang bagus, tentu mereka akan sehat, umurnya panjang, sehingga bisa beraktivitas yang ujung-ujungnya tentu kinerjanya lebih baik,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Sementara itu, Ketua DPRD Tabalong, Mustafa, mengaku pihaknya di lembaga legislatif akan terus berkomitmen mendukung pengelolaan lingkungan yang baik di Kabupaten Tabalong.

“Jadi support dari DPRD itu sangat mendukung untuk kinerja Dinas LH, ya. Kita semua ini bukan hanya kerja Bupati, DPRD, jadi kerja semua SKPD kita semua. Harapan kedepannya apa yang sudah kita dapatkan ini kita pertahankan. Kami di DPRD tetap mendukung,” kata Mustafa, Ketua DPRD Tabalong.

Baca Juga  Polres Tabalong Tegaskan Penimbun Migor Bakal Dipidana

Kabupaten Tabalong menjadi salah satu daerah yang mengirimkan dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup di tahun 2022 dari 225 daerah yang telah dinilai baik dan berhak meraih Nirwasita Tantra tahun 2022.

Diketahui, di tahun 2022 lalu, Tabalong juga meraih satu penghargaan Nirwasita Tantra kategori Kepala Daerah.

Nirwasita Tantra merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah atas keberhasilan dalam kepemimpinannya untuk merumuskan dan menerapkan kebijakan program kerja sesuai prinsip pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment