Home Editor's Picks Ratusan Umat Kristiani Rayakan Paskah Bersama di Tabalong

Ratusan Umat Kristiani Rayakan Paskah Bersama di Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Ratusan umat Kristiani dari berbagai instansi mengikuti perayaan Paskah bersama di komplek Gereja Katolik Ave Maria, Kelurahan Sulingan, Kecamatan Murung Pudak, Jumat sore, 12 Mei 2023.

Sebanyak 300 orang umat Kristiani yang berasal dari ASN, TNI, POLRI, BUMN, BUMD, serta honorer di Kabupaten Tabalong tampak khidmat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan perayaan Paskah ini.

Perayaan Paskah dibagi menjadi tiga sesi, yaitu pembukaan, ibadah, dan perayaan. Melalui tema “Ia Mendahului Kamu ke Galilea, Jangan Takut,” seluruh masyarakat Kristiani diajak untuk memberikan pengharapan yang luar biasa kepada Tuhan Yesus, di tengah apapun yang terjadi.

Ketua Pelaksana Perayaan Paskah, Katharina Dike Sovia Luci, mengatakan bahwa perayaan Paskah bersama ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Tabalong. Sebelumnya, perayaan bersama hanya dilaksanakan saat momen Natal saja.

“Untuk Paskah sendiri ini pertama kali dilakukan selama Kabupaten Tabalong ini ada, kalau biasanya kan ada pas Natal. Kalau Natal itu kelahiran Tuhan Yesus, kalau Paskah itu merupakan kebangkitan Tuhan Yesus, jadi dalam iman Kristiani tidak ada keselamatan tanpa ada kebangkitan, jadi Natal dan Paskah itu merupakan hal yang menjadi sebuah peristiwa keagamaan yang paling besar dalam agama Kristiani,” ujar Katharina Dike Sovia Luci.

Sementara itu, salah satu peserta, Tumbur P Manalu, menilai perayaan Paskah kali ini menjadi sebuah momen untuk menumbuhkan dan mengembangkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan yang diwujudkan untuk mendorong dan memberi kesempatan yang sama bagi umat beragama lainnya di Kabupaten Tabalong dalam mengaktualisasikan keimanan serta keyakinan yang dianut masing-masing.

Baca Juga  272 Bacaleg Lakukan Tes Kesehatan di RSUD HBK Tabalong

Dengan harapan akan memperat tali persatuan dan kesatuan antar umat beragama, sehingga kerukunan dan kedamaian akan lebih terjalin tanpa adanya perpecahan.

“Mari kita bersama-sama menjaga situasi ini agar Kabupaten Tabalong aman, tentram, sentosa yang tidak hanya dirasakan masyarakat daerah kita sendiri namun bisa dirasakan juga oleh masyarakat luar Kabupaten Tabalong. Mari kita bersama-sama menunjukkan Kabupaten Tabalong sebagai daerah yang toleran, daerah yang layak dikunjungi dan disinggahi, terlebih nantinya kita adalah Kabupaten yang bertetangga dengan ibu kota Negara baru dan salah satu yang menjadi penyangga ibu kota nantinya,” kata Tumbur P Manalu, Kadishub Tabalong.

Perayaan Paskah bersama ini juga diharapkan tidak hanya dilaksanakan di tahun ini saja, namun dapat menjadi agenda resmi Kabupaten Tabalong. Hal ini bertujuan untuk menjaga eksistensi umat Kristiani di Kabupaten Tabalong agar lebih terjaga dan dapat mendukung visi misi pemerintah daerah.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

You Might Be Interested In
Baca Juga  Atlet Unggulan Panjat Tebing Tabalong Alami Cedera

Related Articles

Leave a Comment